Ajaib, Ikan Dipotong Tapi Masih Bergerak

Teman-teman pernah tidak melihat ikan hidup yang sudah difilet (dipotong) dagingnya, namun ketika dikembalikan ke akuarium, ikan tersebut masih berenang?

Ini videonya (maaf resolusi agak jadul, hehe).

Kali ini saya tidak akan membahas apakah ini perbuatan gak bermoral, terlalu sadis, atau apalah. Yang ingin saya bahas adalah mengapa ikan tersebut masih bisa berenang seperti biasanya.

Begini penjelasan yang saya dapatkan dari para ahli biologi di Internet.

Ikan tersebut sebenarnya sudah mati (hampir mati). Ikan tersebut dapat bergerak karena sistem saraf pada ikan masih beroperasi.

Bahkan untuk beberapa jenis ikan, setelah sistem sarafnya mati, badannya juga masih bisa bergerak loh! Bagi para koki yang sering mengolah ikan segar di dapur sudah tidak merasa aneh. Bahkan ketika kepala ikan sudah dipotong, badan ikan masih bisa bergerak, dan seakan-akan bisa melompat ketika diletakkan di wajan panas.

Hal ini bisa terjadi karena ada kandungan potasium dan sodium dalam sel tubuh ikan. Ketika dua senyawa itu bocor dan mengenai otot ikan, otot akan memberikan respon berupa kontraksi.

Jika kamu ingin mencoba fenomena ini, nanti ketika kamu ada kesempatan melihat ikan hidup yang baru saja dipotong, coba taburkan garam (sodium) di bekas potongannya, pasti akan terlihat gerakan otot pada badan ikan yang sudah terpotong tersebut.

Setelah beberapa saat, kandungan potasium dan sodium akan habis dan ikan pun bisa istirahat dengan tenang. Hehehe.

Tinggalkan komentar