Alarm Zaman Dulu

Teknologi semakin canggih. Beberapa alat yang kita pakai sehari-hari bahkan sudah menjadi satu kesatuan dengan alat lainnya.

Contohnya alarm. Sekarang sudah jarang sekali kita memakai alarm dari jam weker, karena sudah tersedia di HP kita.

Tapi dalam artikel kali ini kita bukan mau membahas tentang zaman sekarang, tapi kita akan kembali ke zaman dulu dan melihat bagaimana wujudnya alarm. Menarik kan?

1. Ayam Berkokok

Pasti semua sudah pada tau kalau ayam berkokok tanda pagi telah tiba. Kok bisa? Tanya si ayam deh. Hehe.

Namun zaman sekarang sudah agak aneh ya, terkadang ayam-ayam juga bisa berkokok di tengah malam.

2. Minum Air Yang Banyak

Orang zaman dulu yang tidak punya ayam peliharaan atau tidak ada tetangga yang punya ayam peliharaan, mereka akan minum banyak air sebelum tidur.

Cara ini akan membuat mereka lebih cepat sesak pipis sehingga bisa bangun lebih awal. Hanya saja, bagaimana ya jika seandainya ngompol? Hihi.

3. Knocker-Up

Nah, knocker-up ini seperti orang-orang yang ronda di malam hari. Mereka membawa sebuah tongkat panjang untuk mengetuk jendela rumah orang untuk membangunkan mereka.

Para klien yang menyewa jasa knocker-up akan menentukan jam berapa mereka ingin dibangunkan. Biasanya pabrik-pabrik juga menyewa jasa knocker-up untuk membangunkan buruh mereka.

4. Bel Gereja

Sebenarnya bel gereja ini berfungsi untuk mengingatkan umatnya waktu untuk beribadah. Dan sekalian deh, bel untuk waktu ibadah pagi hari menjadi alarm untuk sebagian orang.

Selain bel gereja, juga ada penanda-penanda waktu lain dari agama lainnya yang berbeda, seperti sholat subuh dari agama Islam.

5. Clepsydra

Nah, sekarang kita mulai membahas tentang sesuatu yang tergolong canggih.

Clepsydra adalah jam yang menggunakan air. Jam ini telah digunakan sejak peradaban awal selama ribuan tahun. Pada awalnya alat ini tidak cocok disebut sebagai jam, tetapi alat pengukur waktu.

Di tahun 254 S.M, penemu dari Alexandria yang bernama Ctesibius memperbarui clepsydra dan menciptakan jam mekanis pertama di dunia. Air akan dituang ke dalam wadah yang memiliki tanda-tanda untuk mengukur waktu. Apa yang ditemukan Ctesibius cukup mengherankan: ada siklus dimana jumlah air yang dipakai per hari berbeda dari biasanya.

Clepsydra disulap menjadi jam alarm hanya dengan menggunakan sebuah pelampung yang akan menyentuh alarm ketika permukaan air telah mencapai ketinggian tertentu. Versi clepsydra berikutnya sudah menggunakan roda-roda gigi, alarm akan dibunyikan atau katapul yang terpasang akan melemparkan butiran besi ke piringan baja.

6. Jam Pasak

Sekitar tahun 1955, Taqi al-Din Muhammad ibn Ma’ruf menemukan beberapa tipe jam alarm mekanis, salah satunya yang bisa mengeluarkan suara pada waktu yang kita inginkan. Jam ini memiliki lubang di bagian depan, dan ada pasak yang dapat dimasukkan ke dalam lubang tersebut.

7. Alarm Levi Hutchins

Di tahun 1787, Levi Hutchins yang berasal dari New Hampshire menemukan sebuah jam alarm. Jam ini adalah kumpulan roda gigi yang dimasukkan kedalam kotak kayu. Tetapi, bel hanya dibunyikan pada pukul 4 subuh. Levi sengaja membuatnya bunyi di waktu itu karena disaat itu Levi bangun dan pergi kerja.

NB: Nama Levi Hutchins ini dipakai untuk salah satu karakter manga Attack of Titans loh!

Leave a Comment