Apa Itu Floaters Mata? Apakah Berbahaya?

Tidak banyak orang mengetahui apa itu floaters pada mata. Kemungkinan besar kamu membaca artikel ini karena kamu sudah tahu seperti apa itu floaters mata.

Kalau dideskripsikan tanpa menggunakan gambar, sepertinya agak sulit. Setiap manusia memiliki floaters pada mata, namun hampir tidak disadari.

Floaters pada mata adalah benda-benda kecil yang melayang-layang dalam area penglihatan kita. Bisa berupa titik kecil, benang-benang, ataupun gumpalan yang cukup besar.

Floaters biasanya akan terlihat jelas ketika kita memandang sebuah bidang yang terang, misalnya langit biru atau dinding putih. Namun jika kita tidak fokus, kita tidak akan pernah menyadari adanya floaters ini.

Penyebab Munculnya Floaters

Floaters pada umumnya timbul karena faktor usia. Floaters adanya di dalam vitreus, yaitu cairan yang mengisi bola mata kita. Jadi bukan karena adanya kotoran yang melekat di lapisan luar bola mata atau yang disebut kornea.

Floaters itu timbul karena adanya kotoran yang menggenang di dalam vitreus. Kotoran ini sebenarnya adalah cairan vitreus yang menyusut karena penuaan.

Karena timbulnya dari dalam bola mata, menggunakan obat tetes mata tidak akan menghilangkan floaters pada mata. Jika masih dalam skala kecil, floaters akan menghilang dengan sendirinya. Tapi jika sudah cukup parah, floaters bisa diatasi dengan terapi laser.

Apakah Floaters Mata Berbahaya?

Jika kita berbicara tentang floaters pada umumnya, maka bisa dibilang tidak begitu berbahaya. Otak kita cukup canggih untuk menghapus tampilan floaters ketika memproses apa yang kita lihat.

Ketika floaters sudah cukup parah, memang cukup mengganggu penglihatan, namun bisa diatasi dengan operasi tertentu.

Yang cukup berbahaya adalah masalah pada mata yang terlihat seperti floaters, misalnya adanya pendarahan pada mata, sobeknya retina ataupun peradangan akibat infeksi. Masalah-masalah ini jika dibiarkan lebih lanjut bisa beresiko fatal pada indera penglihatan kita.

Ciri-ciri floaters yang berbahaya adalah ketika floaters ini cukup mengganggu penglihatan kamu (tetap terproses oleh otak kita) dan tidak hilang-hilang dalam jangka waktu yang sudah cukup lama. Segera periksakan mata kamu ke dokter mata.

Tinggalkan komentar