Apa Perbedaan Vegan dan Vegetarian?

Vegan atau vegetarian dikenal sebagai gaya hidup yang menghindari konsumsi makanan yang berasal dari hewan. Gaya hidup ini dipercaya dapat meningkatkan kesehatan, terutama dapat mengurangi kolestrol yang merupakan penyakit yang diderita oleh banyak orang.

Jadi.. apa sebenarnya perbedaan antara vegan dan vegetarian? Vegan dan vegetarian memiliki sedikit perbedaan. Orang yang berdiet vegetarian menghindari asupan daging, sedangkan mereka yang vegan menghindari seluru produk hewani termasuk susu dan telur. Dipercaya bahwa kaum vegan juga tidak memakai produk kulit karena mereka sangat proaktif dalam menentang penindasan hewan. Sudah tahu bedanya?

Untuk tambahan, vegetarian juga dapat dibagi menjadi beberapa tipe:

  • Pescatarian. Kaum ini tetap mengkonsumsi ikan, contohnya Steve Jobs.
  • Flexitarian. Kaum ini kadang-kadang mengkonsumsi sedikit daging atau hanya ikan dan ayam saja. Belum sepenuhnya vegetarian.
  • Lacto-vegetarian. Kaum ini boleh mengkonsumsi produk hewani, seperti susu, keju, dan mentega. Tetapi mereka tidak mengkonsumsi telur.
  • Ovo-vegetarian. Kaum ini boleh mengkonsumsi telur. Tetapi mereka tidak mengkonsumsi produk hewani. Jadi mereka ini kebalikannya dari lacto-vegetarian.
  • Lacto-ovo-vegetarian. Kaum ini mengkonsumsi telur dan produk hewani.

Tinggalkan komentar