Apakah Ini Foto Paling Terkenal Di Dunia?

Jika kamu sudah menggunakan komputer sejak tahun 2000-an, dan kamu menggunakan komputer dengan sistem operasi Windows, sudah pasti kamu tahu foto ini.

Ini adalah wallpaper bawaan untuk Windows XP yang dirilis tahun 2001. Windows XP juga merupakan salah satu versi Windows yang paling banyak dipakai di dunia, bahkan setelah Microsoft menyatakan sudah menghentikan support untuk versi XP.

Jadi sudah kebayang kan berapa banyak orang yang telah melihat foto ini. Hehe.

Baca juga Foto Terbaik 2021 Versi Flickr

Sebagian orang percaya bahwa sebenarnya foto ini bukanlah hasil jepretan kamera, namun hasil manipulasi menggunakan program foto editor. Tapi ternyata, foto ini sebenarnya adalah hasil jepretan kamera yang dirahasiakan oleh Microsoft selama masa pakainya.

Foto ini diberikan nama Bliss dan dijepret oleh seorang fotografer bernama Charles O’Rear di tahun 1996. Lokasi foto ini berada di Sonoma County, California. Charles melihat pemandangan ini ketika dalam perjalanan menuju Marin, kemudian dia memutuskan untuk berhenti sejenak dan mengambil kamera miliknya yang sebenarnya tidak begitu canggih untuk mengambil sebuah foto.

Ketika Microsoft membeli lisensi untuk menggunakan foto tersebut, Microsoft juga menambahkan beberapa ketentuan yang melarang Charles untuk membocorkan lokasi tempat pengambilan foto tersebut. Namun sekarang Charles sudah tidak perlu lagi menyembunyikan informasi tersebut.

Menurut Charles, kontrak yang dia dapatkan dari Microsoft bisa jadi merupakan pembayaran terbesar yang pernah diterima seorang fotografer.

Difoto oleh Simon Goldin di tahun 2006

Di tahun 2006, lokasi tersebut telah berubah menjadi kebun anggur. Walaupun tidak seasri yang dulu, tapi tetap terlihat indah bukan?

Bagi teman-teman yang ingin melihat lokasi tersebut di Google Maps, silakan klik link berikut.

Atau jika teman-teman ingin bernostalgia menggunakan wallpaper tersebut, silakan di-download di sini. Ada banyak jenis resolusi, bahkan untuk HP.

Tinggalkan komentar