Arti Kode YKK Pada Resleting

Jika saat ini kamu memakai celana dengan resleting ataupun sedang menggunakan atau membawa sesuatu yang ada resletingnya, coba dilihat apakah terdapat kode YKK pada resleting tersebut.

Kemungkinan besar akan terlihat kode tersebut. Apa sih arti dari kode ini?

Yoshida Kogyo Kabushikikaisha

YKK adalah kepanjangan dari Yoshida Kogyo Kabushikikaisha yang sebenarnya merupakan bahasa Jepang dari sebuah perusahaan yang bernama Yoshida Company Limited.

Perusahaan ini dibangun oleh Tadao Yoshida di tahun 1934, dan kemudian nama perusahaan ini berubah atau disingkat menjadi YKK di tahun 1994.

Perusahaan yang berpusat di negara Jepang ini memiliki total 106 perusahaan yang tersebar di mancanegara, tepatnya 70 negara.

Apa yang spesial sih pada perusahaan ini?

YKK ternyata adalah perusahaan yang membuat resleting yang digunakan pada pakaian, tas dan koper, perlengkapan olahraga, perabot dan hampir segala jenis benda yang menggunakan resleting.

YKK diperkirakan memasok 40% dari seluruh pemakaian resleting yang ada di dunia ini. Itulah sebabnya kemungkinan besar resleting yang ada pada pakaian kita memiliki kode YKK.

YKK memproduksi lebih dari 7 miliar resleting per tahun, dan ini menurut data di tahun 2012 atau 10 tahun yang lalu. Salah satu pabriknya di Georgia memproduksi sekitar 5 juta resleting setiap harinya, yang terdiri dari 1.500 jenis dan 427 warna.

YKK mungkin tidak begitu terkenal bagi orang awam, namun brand YKK ini sudah tidak asing lagi bagi mereka yang bergelut di dunia fashion. Bagi mereka, YKK adalah resleting yang paling bisa diandalkan. Menggunakan resleting YKK tidak perlu mengkhawatirkan kain pakaian sobek akibat menyangkut pada resleting.

Tinggalkan komentar