Apa Arti Kata Daring?

Kata ini memang semakin populer sejak pandemi. Tapi masih banyak yang belum tau artinya. Lu juga kan? Hehehe. Sebenarnya lu uda sering pake istilah ini, tapi dalam bahasa bule. Daring itu kepanjangan dari dalam jaringan. Kemungkinan besar lu juga masih belum ngerti kan setelah denger kepanjangannya. Hehehe. Bahasa bule daring itu adalah online, atau bahasa … Baca Selengkapnya

1 Cara Menulis Artikel Yang Baik Dan Benar

Iya bener, gue gak bercanda! Gue gak bakal jelasin secara teknis. Milih topik, buat kerangka cerita, lalu tulis draft pertama dan direvisi berulang-ulang. Gak penting! Beneran, itu gak penting! Dalam menulis artikel, yang paling penting adalah tulislah sebebas mungkin. Anggap aja seperti lu sedang ngomong ke orang. Karena sejatinya, artikel itu adalah sebuah media komunikasi. … Baca Selengkapnya

Gojek Tokopedia Kawin, Jadinya GoTo

Gue seneng denger kabar ini. Soalnya, ini dua perusahaan raksasa sama-sama berasal dari negera kita tercinta Indonesia. Kawinnya bukan dengan negara lain. Emang keuntungannya apa buat kita ya? Pada dasarnya ini bakal mendukung sistem demokrasi yang dijalankan negara kita kan? Dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Kalaupun nanti promo-promonya bakalan sedikit, harganya lebih mahal, … Baca Selengkapnya

Hari Buku Nasional Berbeda Dari Hari Buku Sedunia

Artikel kali ini gue tulis karena perasaan miris terhadap minat baca orang Indonesia. Nanti di bagian akhir gue jelasin kenapa. Sekarang kita bahas dikit dulu tentang Harbuknas, kepanjangan untuk Hari Buku Nasional. Harbuknas di Indonesia jatuh pada tanggal 17 Mei. Yes, tepat artikel ini ditulis. Yang menentukan tanggal ini adalah Pak Menteri Pendidikan Nasional era … Baca Selengkapnya

Hewan Yang Gak Akan Mati Kecuali Dibunuh

Nama keren hewan ini adalah Turritopsis dohrnii, atau disingkat menjadi T dohrnii. Bukan dinosaurus ya… hewan ini adalah ubur-ubur yang ukurannya cukup kecil, kalo uda dewasa ukurannya sekitar 4,5 mm. Kalo si ubur-ubur ini kelaperan, atau luka berat, atau kondisi lingkungannya kurang baik, dia bisa melakukan transdiferensiasi. Ini seperti fitur reset. Si ubur-ubur kembali menjadi … Baca Selengkapnya

Kenapa Micin Bikin Haus?

Abis makan makanan yg enak bener, kita pasti ngirain makanan itu pakai banyak micin. Lu gitu gak? Belum tentu ya. Biasanya kalo abis makan terus suka haus, nah… Itu tanda2 banyak pakai micin. Begitu kata orang. Ada benernya sih, tapi juga belum tentu. Yang bikin haus itu bisa juga garam. Micin dan garam bisa bikin … Baca Selengkapnya

Danau Natron – Danau Mengerikan Yang Bisa Mengubah Burung Menjadi Batu

Gile nih danau! Lokasinya di negara Tanzania bagian utara. Nama danau ini adalah Natron. Inspirasi namanya itu dari senyawa kimia kombinasi antara natrium karbonat dan natrium bikarbonat. Katanya senyawa ini berasal dari lembah Great Rift. Kondisi danau ini serem cuy! Suhu udara bisa sampai 60ÂșC dan tingkat pH yang sangat basa sekitar 9-10.5 pH. Emangnya … Baca Selengkapnya