Asal Muasal Kopi

Kopi adalah minuman yang paling digemari di dunia. Bahkan kopi merupakan komoditas terbesar kedua di dunia setelah minyak.

Masih banyak orang yang belum tau sejarah pertama kali munculnya kopi. Siapa sih yang kurang kerjaan nyobain memanggang biji dari buah berwarna merah dan kemudian diseduh hingga menghasilkan cairan hitam pahit yang nikmat ini?

Yuk kita baca ceritanya. Sebelum itu, saya tidak menjamin kebenaran cerita ini ya. Cerita ini juga saya dapatkan melalui riset di Internet.

Berasal Dari Afrika

Banyak literatur yang menganggap bahwa kopi berasal dari Afrika, lebih tepatnya di daerah yang saat ini disebut Etiopia.

Setelah itu, kopi mulai tersebar hingga ke Semenanjung Arab. Di daerah inilah kopi mulai diperdagangkan dan dibudidayakan. Di abad ke-16, kopi mulai dikenal di Mesir, Persia, Turki dan Siria.

Di abad ke-17, kopi mulai tersebar ke benua Eropa dan dalam sekejap minimun ini menjadi favorit masyarakat di daerah seperti Inggris, Perancis, Jerman, Belanda dan Austria. Kedai kopi pun mulai tersebar di kota London.

Karena besarnya permintaan pasar, budidaya di daerah Arab pun makin kewalahan. Dan di akhir abad ke-17, Belanda berhasil mendapatkan benih pohon kopi.

Pertama kali, benih kopi dicoba ditanam di negara India dan gagal. Kemudian Belanda mencoba menanam kopi di daerah jajahannya, yaitu di Batavia atau saat ini kita kenal sebagai Jakarta. Mereka pun berhasil membudidayakannya dengan sangat baik. Lalu mereka mengekspansi budidaya kopi hingga pulai Sumatera dan Sulawesi. Inilah sebabnya kopi asal Indonesia cukup terkenal di dunia.

Ada suatu masa, produksi kopi dari tanah Jawa sangat mendominasi dunia, sampai-sampai istilah “Cup of Java” atau “Secangkir Jawa” menjadi sebutan populer untuk secangkir kopi.

Salah satu perusahaan IT terkenal yang menggunakan nama Java juga terinspirasi dari secangkir kopi, bukan pulau Jawa ya.

Cerita Asal-Usul Kopi

Jika kita mencari cerita tentang asal-usul kopi di Internet, kita akan sering mendengar cerita tentang “Si Kaldi dan kambingnya”, cerita yang berasal dari daerah Etiopia.

Ada seorang pemilik kambing yang bernama Kaldi, suatu hari menemukan kambing-kambingnya tiba-tiba sangat aktif sekali, bahkan terus aktif hingga malam hari.

Kaldi mencari tahu dan mendapati kambing-kambing miliknya memakan buah kecil berwarna merah. Lalu dia sendiri mencoba memakan buah tersebut. Setelah itu, dia juga merasakan hal yang sama seperti kambingnya.

Lalu dia memberitahukan hal ini ke seorang biarawan, yang juga merasakan hal yang sama setelah mencoba buah tersebut. Biarawan tersebut tidak lagi mengantuk ketika berdoa di malam hari.

Namun karena buah kopi rasanya pahit, biarawan ini pun mulai meneliti dan mengolah buah kopi yang dia peroleh agar lebih nikmat dikonsumsi. Pada akhirnya, biarawan menemukan cara yang paling bagus dan dipakai hingga saat ini, yaitu dengan memanggang bijinya dan kemudian diseduh.

Baca juga Apakah Minum Kopi Menyebabkan Ketergantungan?

Nah, bagaimana menurut kalian? Percayakah dengan cerita di atas?

Sekarang saya jadi penasaran dengan asal-usul nasi. Siapa ya yang menemukan proses pengolahan beras hingga menjadi nasi… Mungkin akan kita bahas di artikel berikutnya.

Tinggalkan komentar