Asal Mula Kucing Hitam Dianggap Pembawa Sial

Telah menjadi sebuah kepercayaan oleh banyak orang bahwa kucing hitam membawa sial. Mengapa bisa begini? Inilah asalnya.

Kepercayaan ini sudah berlangsung selama beberapa ratus tahun. Memang pada awalnya, di zaman Mesir kuno (3000 S.M), kucing-kucing bahkan di puja dan di sembahyangi. Membunuh seekor kucing merupakan tindakan kriminal. Tetapi semenjak sihir kuno populer di Eropa, kucing hitam menjadi suatu lambang yang dihindari oleh orang-orang.

Kucing hitam sering muncul pada cerita-cerita rakyat, dan kebanyakan mitos-mitos ini lebih menceritakan kucing secara positif. Hanya saja, tradisi budaya Barat telah merusak citra kucing hitam dengan mengkaitkannya terhadap pembawa sial. Contohnya pada saat merayakan Halloween.

Abad Pertengahan

Ditemukan bahwa hubungan antara kucing hitam dan pembawa sial bermula di sekitar abad ke-14. Masih tidak jelas mengapa kucing hitam dikaitkan terhadap Setan di masa ini, tetapi kepercayaan ini sangat kuat sampai-sampai semua kucing hitam dimusnahkan, tepatnya di tahun 1348 pada masa pandemi Black Death. Ironisnya, pemusnahan kucing hitam malah menyebabkan wabah ini menjadi lebih buruk, virus menyebar melalui tikus-tikus dan hewan pengerat lainnya, yang merupakan mangsa para kucing.

Cerita Rakyat Skotlandia

Ada sebuah cerita rakyat dari Skotlandia yang mengkisahkan peri yang dikenal dengan Cat Sitch, seekor kucing hitam raksasa. Kucing ini memiliki kemampuan mencuri roh orang yang telah mati sebelum dewa-dewa mengambilnya. Karena telah menjadi kepercayaan orang-orang disana, mereka bahkan menciptakan suatu profesi yang disebut Late Wake untuk menjadi mayat sebelum dikubur. Orang-orang Skotlandia juga melakukan cara-cara seperti menggunakan tumbuhan catnip atau melompat-lompat untuk menakuti Cat Sith.

Zaman Sihir

Salahkan sihir hitam! Pada masa sihir-sihir jahat mulai beredar di Eropa sekitar abad ke-16, kucing-kucing hitam sering diburu hanya karena mereka dianggap sebagai pasangan ahli sihir. Lama kelamaan, anggapan bahwa kucing hitam adalah “pasangan” ahli sihir berubah, ahli sihir dianggap dapat berubah menjadi kucing hitam. Kepercayaan ini terbawa sampai ke Amerika, menjadi bagian dari Salem Witch Trials dimana banyak orang dihukum karena dianggap sebagai ahli sihir.

Gerak-Gerik Kucing

Ada banyak cerita rakyat atau legenda yang berhubungan dengan gerak-gerik kucing hitam. Di banyak negara Eropa, kucing hitam masih dipercaya sebagai pembawa sial, apalagi kalau seekor kucing hitam berjalan melewati anda.

Tetapi, orang-orang German memperingan legenda ini dengan mengatakan hanya kalau kucing tersebut berjalan dari kanan ke kiri, dari arah sebaliknya malah dianggap membawa keberuntungan.

Para penjudi yang percaya pada ketahayulan juga memiliki kepercayaan bahwa jika mereka bertemu kucing hitam ketika hendak pergi berjudi, mereka sebaiknya kembali pulang ke rumah.

Bahkan ada juga kepercayaan pada para bajak laut, jika kucing hitam mendatangi kamu, itu tandanya kamu akan sial. Tetapi jika kucing hitam menjauhi kamu, kamu akan mendapatkan keberuntungan. Beberapa bajak laut juga percaya jika kucing hitam hinggap di sebuah kapal dan kemudian pergi, kapal tersebut akan karam pada perjalanan selanjutnya.

Tidak Semuanya Berarti Sial

Di dalam legenda-legenda lainnya, kucing hitam sebenarnya membawa keberuntungan, seperti dalam kasus Inggris Raya. Kepercayaan terhadap kekuatan yang dibawa kucing hitam sangat kuat, bahkan sampai sekarang kucing hitam dijadikan hadiah kepada pengantin di Inggris, hal ini dipercaya sebagai berkah dalam upacara pernikahan.

Kepercayaan orang Mesir terhadap keberuntungan yang dibawa kucing hitam telah menyebar ke beberapa budaya Eropa. Para pelaut suka membawa kucing hitam sebagai teman perjalanan, sedangkan istrinya akan memelihara beberapa kucing hitam di rumah untuk memperbanyak keberuntungan.

Orang Jepang juga menghormati kucing hitam sebagai simbol pembawa keberuntungan. Biasanya sangat penting untuk para wanita yang belum memiliki pasangan, karena dipercaya dapat mendatangkan pria idaman mereka.

Sedangkan di Rusia, semua jenis kucing dipercaya sebagai keberuntungan, hal ini telah berlangsung sampai beberapa abad.

Bonus: Di Amerika, ada hari yang ditetapkan sebagai hari apresiasi kucing hitam, yaitu pada tanggal 17 Agustus. Kok sama dengan hari Kemerdekaan kita yach! -.-””

Leave a Comment