Asal Usul Istilah “Darah Biru”

Pasti kamu sudah sering mendengar istilah “berdarah biru” kan. Kita tau kalau maksudnya bukan benar-benar darah yang berwarna biru, tapi ini adalah sebuah istilah yang dipakai untuk menyebut orang-orang yang berasal dari keluarga bangsawan, alias kaya, alias sultan.

Tapi teman-teman tau tidak kalau sebenarnya darah bukan hanya berwarna merah. Kita pernah membahasnya di artikel Darah Yang Berwarna Hijau Di Bawah Laut

Nah, sebenarnya dari mana sih asal istilah darah biru ini?

Ternyata istilah ini bukan hanya dipakai di Indonesia, tapi juga dipakai oleh para bule dengan sebutan “blue blood”, yang memiliki arti yang sama.

Saya mencoba menelusuri asal usul istilah ini dan ternyata istilah ini berasal dari negara Spanyol. Di negara tersebut, istilah ini disebut “sangre azul”. Istilah ini ditujukan ke orang-orang yang berasal dari sebuah keluarga yang paling tua dan sangat dibanggakan, yaitu keluarga Castile.

Anggota keluarga ini tidak pernah menikahi orang-orang dari suku atau ras lainnya yang dianggap lebih rendah dari mereka.

Karena kulit mereka yang tergolong berwarna terang, pembuluh darah mereka sangat terlihat jelas, dan seperti yang kita ketahui pada umumnya pembuluh darah berwarna biru kehijauan. Di sinilah mereka dianggap berdarah biru. Sedangkan ras lainnya memiliki warna kulit yang cenderung gelap dan pembuluh darahnya tidak terlihat.

Jadi begitulah asal usul istilah “berdarah biru”.

Leave a Comment