Asal Usul Lorem Ipsum

Mungkin teman-teman sekalian ada yang masih bingung apa itu lorem ipsum. Memang kata ini lebih terkenal di kalangan para desainer grafis atau para programmer IT.

Lorem ipsum, atau juga dikenal sebagai lipsum, adalah kombinasi kata-kata yang sering dipakai sebagai contoh teks yang sering digunakan dalam desain kemasan produk atau software demo. Fungsinya agar kita bisa melihat contoh visual desain sebuah produk jika seandainya sudah diberikan teks yang semestinya.

Walaupun sekedar teks contoh, lipsum sebenarnya bukan asal dibuat begitu saja, ada asal usulnya. Banyak orang yang tidak mengetahui hal ini, dan bahkan tidak mempercayai asal sebenarnya.

de Finibus Bonorum et Malorum

Lipsum berasal dari literatur latin kuno yang bernama de Finibus Bonorum et Malorum. Literatur yang ditulis oleh Cicero di tahun 45 S.M. ini bisa diartikan sebagai Keekstriman Dari Kebaikan Dan Keburukan. Literatur yang sangat populer di zamannya ini membahas tentang teori etika.

Baris pertama dari lipsum yaitu “Lorem ipsum dolor sit amet…” berasal dari bagian 1.10.32 dan 1.10.33 di dalam buku ini.

Sekitar abad ke-16, seorang yang bekerja di bagian percetakan mengambil beberapa kutipan dari buku ini, mengacak kata-katanya dan kemudian menggunakannya untuk membuat spesimen sebuah buku. Yang tidak disangka-sangka, ternyata acakan kata ini malah mampu bertahan hingga saat ini dan menjadi pilihan paling populer.

Mungkin orang-orang pada malas untuk mengacak kata-kata baru. Lagipula, memang gak ada gunanya kan? Hehe

Arti Lorem Ipsum

Bait asli dari lipsum sebelum diacak adalah sebagai berikut.

“Neque porro quisquam est qui dolorem ipsum quia dolor sit amet, consectetur, adipisci velit…”

Yang artinya adalah…

“Tidak ada orang yang mencintai rasa sakit itu sendiri, yang mencarinya dan ingin memilikinya, hanya karena rasa sakit itu…”

Sepertinya isi literatur ini cukup dalam ya. Haha.

Tinggalkan komentar