10 Bahasa Yang Paling Sering Digunakan Di Dunia Tahun 2021

Setiap tahunnya, Ethnologue menganalisa data yang berupa lebih dari 7000 bahasa yang ada di dunia ini untuk mengetahui mana bahasa yang paling banyak digunakan.

Bahasa Inggris masih merupakan bahasa yang paling sering digunakan, dan beda sedikit di posisi kedua adalah bahasa Mandarin (Tiongkok). Namun jika dihitung berdasarkan bahasa native (bahasa ibu), bahasa Mandarin jauh lebih banyak penggunanya daripada bahasa Inggris.

Bagaimana dengan bahasa Indonesia? Apakah termasuk salah satu bahasa yang paling banyak digunakan di dunia? Yuk kita lihat daftarnya berikut ini.

1. Bahasa Inggris

Tentu saja ini merupakan bahasa yang paling banyak digunakan di dunia. Ada beberapa negara besar yang memakainya, seperti Amerika dan Inggris. Dan kata yang paling sering dipakai di dunia ini adalah the, yang sebenarnya gak memiliki arti.

Jumlah pengguna Bahasa Inggris ada sekitar 1,35 miliar pengguna.

2. Bahasa Mandarin (China)

Menurut Ethnologue, ada sekitar 1,12 miliar pengguna bahasa Mandarin. Saya sendiri merasa sedikit bingung karena jumlah penduduknya saja ada 1,4 miliar. Berarti ada sekitar 280 juta orang yang gak bisa bahasa Mandarin di sana, para bayi dan apa lagi ya?

3. Bahasa India

Gak aneh lah ya. India juga merupakan negara dengan populasi terbesar setelah Tiongkok. Ada lebih dari 1 miliar penduduk. Namun saya heran juga neh, kenapa terdata hanya sekitar 600 juta pengguna bahasa India ya? Apakah mereka sudah mulai memakai bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-hari?

4. Bahasa Spanyol

Ada beberapa negara yang menggunakan bahasa Spanyol sebagai bahasa utama. Ada sekitar 20 negara, karena itu makanya bahasa Spanyol merupakan bahasa yang paling banyak penggunanya, yaitu sekitar 543 juta pengguna.

5. Bahasa Arab Standar

Jumlah pengguna bahasa Arab ternyata jauh lebih besar dari jumlah populasi Arab Saudi. Masuk akal sih jika kita melihat bahwa agama Islam adalah agama dengan jumlah penganut terbesar saat ini. Diperkirakan ada sekitar 274 juta pengguna bahasa Arab di tahun 2021.

6. Bahasa Bengali

Oh, pantas saja jumlah pengguna bahasa India gak sebanyak jumlah penduduknya. Ternyata bahasa Bengali merupakan salah satu alternatif bahasa di negara India. Mungkin sebagian penduduk India yang tinggalnya dekat Bangladesh lebih paham bahasa ini ya. Jumlah penggunanya ada sekitar 268 juta pengguna di dunia.

7. Bahasa Prancis

Ini sebuah bahasa yang memiliki pelafalan yang cukup seksi menurut saya. Suatu saat saya ingin mempelajarinya. Mungkin karena negara Prancis juga terkenal dengan seninya ya, makanya bahasanya juga terdengar seksi.

Jumlah pengguna bahasa Prancis saat ini adda sekitar 267 juta pengguna di dunia. Banyak juga ya.

8. Bahasa Rusia

Mungkin karena Rusia adalah sebuah negara yang cukup kuat dan berpengaruh di dunia, banyak orang yang ingin mempelajari bahasanya. Bahkan para astronot yang bekerja di International Space Station harus bisa bahasa Rusia, karena pesawat ISS biasanya lepas landas di teritori Rusia.

Ada sekitar 258 juta pengguna bahasa Rusia di dunia saat ini.

9. Bahasa Portugis

Faktanya, hanya ada sekitar 5% dari pengguna bahasa Portugis yang tinggal di Portugal. Hehe. Kebanyakan tinggal di Brasil, dan ada beberapa negara dan teritori lainnya. Ada sekitar 258 juta pengguna bahasa Portugis saat ini di dunia.

10. Bahasa Urdu

Kecewe ya bukan bahasa Indonesia? Hehe.

Bahasa Urdu merupakan bahasa yang paling banyak digunakan di Pakistan dan juga India. Nah, banyak bener bahasa di India ya. Ada sekitar 230 juta pengguna bahasa Urdu saat ini.

10 Bahasa Dengan Pengguna Terbanyak Berikutnya

Agar kita tidak kecewa, mari kita lihat urutan ke berapa ya Bahasa Indonesia. Ini daftar bahasa yang paling banyak penggunanya ke-10 hingga ke-20.

  • Bahasa Indonesia: 199 juta pengguna. Hore!!
  • Bahasa Jerman: 135 juta pengguna.
  • Bahasa Jepang: 126 juta pengguna.
  • Bahasa Marathi: 99 juta pengguna.
  • Bahasa Telugu: 96 juta pengguna.
  • Bahasa Turki: 88 juta pengguna.
  • Bahasa Tamil: 85 pengguna.
  • Bahasa Kanton: 85 juta pengguna.
  • Bahasa Wu Chinese: 82 juta pengguna.
  • Bahasa Korea: 82 juta pengguna.

Apa bahasa asing berikutnya yang kamu ingin kuasai? Tulis di kolom komentar ya.

Sumber: https://www.mentalfloss.com/article/647427/most-spoken-languages-world

Tinggalkan komentar