Bahaya Dari Minum Air Terlalu Banyak

Salah satu saran kesehatan yang paling kita sering dengar adalah banyak minum air putih (bening) karena tubuh kita membutuhkan cairan yang cukup banyak. Sekitar 70% dari tubuh kita adalah air.

Namun, menurut saya saran ini masih kurang jelas. Seberapa banyak air sih yang kita butuhkan? Apakah minum sebanyak-banyaknya?

Dalam beberapa artikel yang saya tulis untuk blog ini, saya sering mengatakan sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Bahkan menjadi orang yang terlalu baik juga tidak baik.

Dan ternyata pernyataan ini juga benar untuk konsumsi air putih. Terlalu banyak minum air putih juga tidak baik untuk tubuh kita. Begini penjelasannya.

Hiponatremia

Hiponatremia adalah sebuah kondisi di mana kadar natrium (sodium) dalam darah kita lebih rendah dari biasanya. Hal ini bisa terjadi salah satunya dikarenakan kita minum terlalu banyak.

Fungsi sodium adalah untuk menjaga keseimbangan cairan di dalam dan di luar sel. Ketika level sodium dalam tubuh menurun, cairan akan berpindah mengisi sel-sel dalam tubuh dan menyebabkan pembengkakan.

Hiponatremia akut akan sangat membahayakan kesehatan tubuh kita.

Ginjal

Salah satu organ yang paling penting dalam badan kita adalah ginjal. Organ ini memiliki fungsi untuk menyaring cairan dalam tubuh dan menetralkan racun yang ada di dalamnya. Racun-racun ini kemudian dikeluarkan melalui urin atau keringat.

Ketika kita minum terlalu banyak air, kerja ginjal akan semakin berat. Dan jika terus-terusan begini bisa beresiko mengganggu kesehatan ginjal kita.

Bayangkan jika ginjal kita sudah tidak bisa bekerja dengan baik, bagaimana dengan racun-racun yang ada di dalam tubuh?

Seberapa “Banyak” Air Yang Cocok?

Sebenarnya jawabannya sangat beragam, karena tergantung dengan kondisi tubuh kita masing-masing.

Kita sering mendengar bahwa 8 gelas air putih adalah jumlah yang dibutuhkan.

Seberapa besar gelasnya? Apakah 8 gelas yang sama besarnya untuk anak kecil? Bagaimana dengan para atlet yang berkucuran keringat setiap hari? Bagaimana dengan para pasien yang ginjalnya kurang sehat?

Nah, bingung kan?

Pada dasarnya, kita sendiri harus mengerti kondisi tubuh kita, sehingga kita tahu seberapa banyak air yang dibutuhkan tubuh kita.

Pastikan kita segera mengisi cairan tubuh ketika kita merasakan tanda-tanda dehidrasi. Rasa haus adalah sebuah tanda yang diberikan tubuh bahwa kita sudah mengalami dehidrasi ringan. Warna air kencing yang menguning juga merupakan tanda lainnya.

Mengisi cairan tubuh juga tidak hanya melalui minum air putih. Kita juga bisa mendapatkan cairan dari buah-buahan yang mengandung banyak air seperti semangka.

Dan jika teman-teman masih ragu, alangkah baiknya berkonsultasi dengan dokter yang lebih mengerti.

Leave a Comment