Bahaya Menatap Matahari Secara Langsung

Kita sebagai manusia memiliki insting yang kuat untuk melindungi diri kita. Salah satunya adalah kita memicingkan atau menyipitkan mata kita ketika melihat cahaya yang silau seperti sinar laser atau matahari.

Ini adalah reaksi otomatis atau alamiah kita sebagai manusia. Padahal jika dipikir-pikir, melihat sesuatu yang silau itu tidak menyakitkan mata kita kan?

Jadi, apa bahayanya menatap sinar matahari secara langsung? Ini dia jawabannya.

Fotokeratitis

Fotokeratitis adalah suatu kondisi rusaknya mata akibat terpapar sinar matahari terlalu lama.

Sinar UV dari cahaya matahari jika terpapar terus menerus pada mata kita akan menyebabkan rusaknya kornea (lapisan terluar) mata. Kornea akan melepuh dan rusak.

Melihat sinar matahari sejenak tidak akan menyakitkan mata kita, namun jika dilakukan terus menerus akan menyebabkan fotokeratitis. Setelah beberapa jam, mata akan mulai merah dan meradang, produksi air mata menjadi berlebihan dan kemudian timbul sensasi kesat pada mata.

Kebutaan

Jika kamu masih berani menatap sinar matahari secara langsung lebih lama lagi, bukan hanya fotokeratitis yang akan kamu dapatkan, tapi juga resiko menjadi buta.

Retina adalah bagian paling dalam dari mata yang berfungsi memproyeksikan gambar ke otak. Retina sangat sensitif terhadap cahaya.

Sinar matahari yang sangat terik yang menembus hingga ke retina bisa membakar dan menghanguskan retina. Yang berbahaya adalah, retina kita tidak bisa merasakan sakit, jadi ketika kita tidak akan mengetahui kalau retina kita sudah terancam rusak.

Biasanya ketika mata kita terpapar sinar yang menyilaukan, kita akan mengalami buta sebagian dan tidak permanen. Kebutaan ini tampak seperti bola hitam dalam pandangan kita.

Namun jika ini terus menerus terjadi, ada resiko timbulnya penyakit mata seperti katarak, pterygium hingga kebutaan permanen.

Perlindungan Mata

Seperti yang pernah kita jelaskan dalam artikel tentang tabir surya, gelombang sinar UV bisa dipantulkan oleh benda-benda yang ada di sekitar kita seperti dinding atau pasir.

Oleh karena itu, jika kita beraktivitas seharian di luar ketika cuaca terik, topi atau payung saja tidak cukup untuk melindungi mata kita dari paparan sinar matahari.

Menurut kedokteran, kita disarankan menggunakan kacamata yang memiliki perlindungan sinar UV atau setidaknya kacamata hitam yang berfungsi untuk mengurangi radiasi sinar UV yang akan masuk ke mata kita.

Jagalah mata kita sebaik-baiknya. Mata adalah salah satu indera terpenting dalam hidup kita.

Leave a Comment