Bahayakah Jika Kita Menelan Rambut?

Pernahkah teman-teman tak sengaja menelan rambut ketika makan?

Sepertinya tidak pernah ya. Kalaupun tertelan, sudah pasti kita tidak tahu. Kalaupun tahu, sudah pasti disengaja. Hehe.

Ketika makan, beberapa kali kita akan menemukan sehelai rambut yang panjang. Kita pun langsung membayangkan, bagaimana jika seandainya tertelan? Apakah berbahaya?

Memang menelan rambut itu tidak baik untuk tubuh. Namun teman-teman tidak perlu khawatir karena rambut yang tertelan oleh kita (jika tidak disengaja atau diketahui), sudah pasti jumlahnya cuma sedikit sehingga tidak membahayakan.

Namun ada jenis gangguan jiwa yang menyebabkan orang sengaja menelan rambut terus menerus. Gangguan ini disebut Rapunzel Syndrome atau trichophagia.

Apa saja bahayanya? Yuk kita simak.

Rambut Sulit Dicerna

Jika pernah menonton film-film yang ada menampilkan mayat, teman-teman akan melihat rata-rata mayat tersebut masih memiliki rambut yang utuh walaupun kondisi badannya sudah membusuk. Mengapa demikian?

Karena memang benar, selain kuku dan gigi, rambut adalah bagian dari tubuh yang paling sulit hancur. Rambut mengandung zat keratin yang tidak bisa dicerna oleh tubuh.

Jika kita menelan banyak rambut, lama kelamaan akan terbentuk bola-bola rambut dan menyangkut di dalam sistem pencernaan kita.

Terus apakah berbahaya?

Racun Dan Bakteri

Menurut penelitian, rambut adalah bagian tubuh yang juga mengandung banyak bakteri yang bisa menyebabkan diare atau gangguan pencernaan lainnya.

Selain itu, terdapat racun-racun dari sisa shampoo yang tidak terbilas dengan bersih ataupun dari kandungan cat yang dipakai untuk mewarnai rambut.

Zat-zat kimia yang beracun ini pasti akan mengganggu pencernaan kita.

Leave a Comment