Banyak Jalan-Jalan Keluar, Umur Lebih Panjang

Seiring perkembangan teknologi yang sangat pesat, waktu kita berada diluar ruangan pun menjadi lebih sedikit. Banyak hal sudah dapat dilakukan melalui komputer atau telepon genggam. Ini merupakan hal yang tidak baik bagi kita. Mau tau mengapa? Inilah sebabnya…

Dibawah ini merupakan terjemahan dari video yang diatas, tetapi strukturnya agak berbeda…

Sinar Matahari dan Vitamin D

Sekitar 149.600.000 kilometer dari Bumi kita, Matahari memberikan sinarnya ke tata surya. Sinar ini akan melewati atmosfir bumi dan kemudian akan mencapai kulit kita. Sinar ini penting sekali untuk sistem pertahanan tubuh kita. Kira-kira beginilah yang terjadi.

1. Makanan yang kita konsumsi mengandung kolestrol. Sebagian dari kolestrol ini akan dimodifikasi dan disimpan dibawah kulit kita.

2. Sinar matahari yang kita terima adalah sinar ultraviolet B. Sinar ini akan memodifikasi kolestrol yang ada dibawah kulit kita menjadi vitamin D3 yang kemudian akan tersalurkan melalui pembuluh darah.

3. Vitamin D3 ini akan dirubah oleh hati menjadi calcidiol. Kemudian calcidiol ini akan diaktifkan lagi oleh ginjal menjadi calcitriol.

4. Calcitriol akan digunakan oleh tubuh untuk menyerap kalsium dari makanan. Kalsium adalah zat yang sangat berguna untuk pertumbuhan dan kekuatan tulang.

Jadi dengan kata lain, kita tumbuh karena menyerap sinar matahari. Ternyata manusia tidak jauh beda yah dari tumbuhan. Hehe…

Tanpa sinar matahari, kita akan kekurangan vitamin D, yang akan mengakibatkan menurunnya kandungan mineral di tulang. Ini akan mengakibatkan penyakit yang kita kenal sebagai osteoporosis, dan juga penurunan fungsi kekebalan tubuh.

Dari beberapa bukti yang diperoleh, dapat disimpulkan juga bahwa vitamin D membantu mencegah penyakit kanker, penyakit jantung dan depresi. Ini mungkin dapat menjelaskan mengapa di beberapa tempat beriklim dingin yang memiliki waktu siang yang singkat sering terjadi sindrom Winter Blues. Winter Blues adalah sindrom musiman, beberapa orang akan mengalami depresi di musim salju, padahal mereka memiliki mental normal di musim biasanya.

Kalau kita mungkin lebih sering mendengar Monday Blues yach.. Hehe

Alam

Bukan hanya sinar matahari dan vitamin D yang menjadi alasan mengapa kita harus sering keluar dari ruangan. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa berada di alam dapat memberikan pengaruh fisik dan mental bagi tubuh.

Dengan menggunakan teknologi imajinasi otak yang muktahir, dibuktikan bahwa ketika berada di alam, wilayah-wilayah otak yang berhubungan dengan stabilitas, empati dan cinta akan lebih aktif. Sedangkan ketika berada di lingkungan buatan manusia, seperti gedung-gedung tinggi, wilayah-wilayah otak berhubugan dengan rasa takut dan stress yang menjadi lebih aktif.

Waktu Duduk

Ini juga mungkin menjadi satu alasan kenapa kita harus lebih banyak keluar dari ruangan. Ketika berada didalam ruangan, kemungkinan besar anda sedang duduk didepan komputer selama berjam-jam. Benar kan? Duduk terlalu lama memang kelihatannya tidak membahayakan, tetapi penelitian membuktikan duduk terlalu lama dapat membahayakan kesehatan.

Duduk terlalu lama meningkatkan kemungkinan terkena penyakit diabetes tipe 2 dan penyakit kardiovaskular (peredaran darah). Melalui penelitian yang melibatkan 200.000 orang lebih, dapat disimpulkan adanya korelasi kuat antara kematian dan waktu duduk. Duduk lebih lama akan mempercepat kematian, WALAUPUN anda sering olahraga atau melakukan aktifitas fisik lainnya.

Ayuk kita biasakan jalan-jalan keluar di pagi hari, menghirup udara segar dan menikmati matahari pemberian Tuhan Yang Maha Esa. Sangat bermanfaat, dapat mengurangi kolestrol, menguatkan tulang, lebih bahagia dan yang penting lebih panjang umur. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment