Batasan Yang Meningkatkan Kreatifitas

Yang sering kita dengar adalah kebebasan meningkatkan kreatifitas dalam berkarya.

Misalnya ketika melukis, kita bebas melukis apapun, bebas menggunakan warna apapun, jenis catnya bebas, jenis kanvasnya bebas, dan lain sebagainya. Dengan diberinya kebebasan, kreatifitas pun meningkat, tanpa batas.

Namun saya memiliki pandangan lain. Malah sebaliknya, ketika kita diberikan batasan-batasan (limitasi) tertentu, kita akan semakin kreatif.

Misalnya ketika kita hanya diberi modal sekian ratus ribu rupiah saja atau waktu sekian jam saja untuk menyelesaikan sebuah tugas yang biasanya membutuhkan sumber daya lebih besar, otak kita akan bekerja semakin cerdas.

Dan ternyata, banyak inovasi yang ada di dunia ini timbul karena keterbatasan-keterbatasan tersebut.

Manusia adalah makhluk yang dibekali otak yang sempurna oleh Tuhan, hanya saja kita tidak terbiasa untuk menggunakan sepenuhnya.

Salah satu bukti nyata yang saya alami adalah ketika membuat artikel ini. Saya hanya memiliki waktu sekitar 15 menit untuk menyelesaikan artikel ini, atau tidak ada artikel untuk hari ini.

Ternyata saya bisa menemukan topik ini, dan saya berhasil menulisnya sampai kalimat ini tanpa sekalipun menghapus sebuah kalimat.

Itulah salah satu bukti bahwa keterbatasan akan meningkatkan kreatifitas kita.

Jadi, jangan kecewa atau langsung protes jika diberikan limitasi atau batas-batas dalam melakukan sesuatu, jadikan hal tersebut sebagai tantangan. Ini yang akan membangun kita menjadi manusia yang lebih baik lagi.

Semoga bermanfaat dan selamat menikmati wiken-mu yang indah!

Tinggalkan komentar