Beberapa Simbiosis Mutualisme Antar Hewan

Sebelumnya kita baru saja membahas tentang hubungan antar dua makhluk hidup yang satu untung dan satunya lagi rugi, yaitu Jamur Yang Membuat Semut Menjadi Zombie.

Memang di dalam dunia liar, satu spesis mengincar spesis lainnya demi bertahan hidup adalah sesuatu yang alami, inilah yang kita kenal sebagai rantai makanan.

Namun, tidak semuanya begitu. Ada beberapa hubungan antara hewan yang berbeda spesis yang bisa saling menguntungkan satu sama lainnya. Berikut adalah beberapa di antaranya.

Badak Dan Burung Oxpecker

Badak adalah hewan yang memiliki ukuran tergolong besar, kuat namun sangat tidak fleksibel.

Untungnya badak tidak fleksibel, jika iya, maka tidak akan tercipta hubungan yang baik dengan para burung oxpecker.

Jika kamu melihat seekor badak di dunia liar, kemungkinan besar kamu akan melihat banyak burung-burung kecil berparuh merah di atas punggungnya. Burung-burung ini sedang mencari makan, yaitu kutu-kutu yang ada di badan sang badak.

Sang badak badannya menjadi bersih, para burung perutnya kenyang. Sama-sama untung kan?

Babi Berkutil Dan Garangan

Babi berkutil merupakan salah satu hewan yang tergolong buas. Badannya sangat kokoh dan memiliki gading yang tajam.

Jika sang babi ini menginginkannya, dia bisa dengan gampang menghabiskan sekelompok garangan. Namun, itu tidak dilakukannya. Sang babi bahkan sangat senang untuk beristirahat di kerumunan garangan.

Sama seperti hubungan antara badak dan burung oxpecker, babi juga memberikan makanan kepada sekelompok garangan berupa kutu-kutu yang ada di tubuhnya.

Burung Unta dan Zebra

Kepekaan merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi para satwa liar untuk bisa bertahan hidup di dunia liar sana.

Burung unta dan zebra tidak seperti dua jenis hubungan yang di atas. Tapi ini sangat keren loh!

Burung unta memiliki penglihatan yang sangat tajam, sedangkan zebra memiliki pendengaran dan penciuman yang sangat baik. Karena itu, dua jenis hewan ini sering berkumpul bersama ketika sedang mencari makanan.

Dengan begini, mereka menjadi seperti memiliki tiga buah indera yang sangat peka terhadap serangan predator. Walaupun mencari makan sendiri-sendiri, tapi mereka saling menjaga. Keren ya.

Sumber: https://barkingzebratours.com/symbiotic-holiday-symbols/

Tinggalkan komentar