Benarkah Cuaca Buruk Mempengaruhi Kecepatan Internet?

Ketika hujan lebat, biasanya kita nongkrong di dalam rumah atau cafe dan apa yang kita lakukan?

Nonton Youtube atau Netflix, ataupun browsing2 Instagram atau media sosial lainnya.

Lalu yang kita rasakan adalah video atau foto agak lambat loading-nya. Dan kemudian kita menyalahkan cuaca buruk atas melambatnya kecepatan Internet.

Benarkah karena cuaca buruk tersebut kecepatan Internet melambat? Atau ada hal lainnya?

Jawabannya adalah benar cuaca buruk bisa mempengaruhi kecepatan Internet. Tapi kemungkinan besar melambatnya Internet yang kita rasakan itu bukan karena cuaca.

Yuk kita bahas!

Jenis Koneksi Internet

Kalau bukan menggunakan WiFi, kita pasti menggunakan sinyal 4G untuk koneksi Internet kita. Tapi sebenarnya, sebelum dipancarkan oleh WiFi router atau antena 4G, koneksi Internet juga sudah melalui beberapa saluran.

Ada koneksi Internet yang bersumber dari satelit, ada juga koneksi Internet yang disalurkan menggunakan kabel yang melalui dasar laut.

Hiu memiliki indera elektroreseptif yang membuat mereka suka menggigit kabel Internet bawah laut.

Pengaruh Cuaca

Badai atau hujan lebat akan menyebabkan kelembaban meningkat, dan ini bisa menyebabkan koneksi Internet nirkabel (tanpa kabel) akan melambat, seperti koneksi Internet dari satelit atau antena 4G.

Untuk WiFi router yang berada di dalam ruangan, kecepatan Internet akan melambat jika kelembaban ruangan meningkat. Tapi, perubahan kecepatannya tidak akan terasa sama sekali.

Untuk yang menggunakan koneksi Internet yang disalurkan melalui kabel optik, hanya perubahan suhu yang ekstrim yang bisa mempengaruhi kecepatan koneksi Internet (hampir tidak mungkin terjadi).

Jadi, sebenarnya apa sih yang menyebabkan melambatnya koneksi Internet ketika cuaca buruk?

Jumlah Pengguna

Para ahli memprediksikan melambatnya kecepatan Internet ketika cuaca buruk adalah dikarenakan meningkatnya jumlah pengguna.

Ketika cuaca buruk, orang-orang pada malas keluar rumah, dan yang kita lakukan adalah mencari hiburan yang membutuhkan koneksi Internet.

Ketika jumlah pengguna membludak, maka kecepatan Internet akan dibagi rata sehingga menyebabkan menurunnya kecepatan maksimal untuk setiap pengguna.

Kemudian, kebanyakan pengguna Internet tidak memahami cara pengaturan WiFi router dengan benar agar kecepatan Internet lebih maksimal.

Jadi, jangan selalu menyalahkan cuaca ya teman-teman sekalian!

(Kecuali kamu menggunakan Internet dari sinyal 4G. Nasih deh.. hihi)

Leave a Comment