Benarkah Kopi Menyebabkan Dehidrasi?

Kopi merupakan salah satu minuman paling favorit di dunia. Saking favoritnya, biji kopi menjadi komoditas terbesar kedua di dunia setelah minyak bumi.

Kita sudah pernah membahas tentang Apakah Minum Kopi Menyebabkan Ketergantungan?

Sekarang kita akan membahas sebuah topik tentang kopi yang sering dibahas dalam dunia fitnes, yaitu apakah konsumsi kopi bisa menyebabkan dehidrasi.

Kita tau kalau kopi bisa membantu kita untuk menjadi segar dan kita bisa kembali beraktivitas. Sering kali para pegiat fitnes mengonsumsi kopi sebelum latihan karena dipercaya bisa membantu tubuh menjadi aktif dan lebih siap untuk berlatih. Namun di satu sisi, ada sebagian orang yang percaya kopi bisa berdampak buruk karena bisa menyebabkan dehidrasi.

Bagaimana menurut penjelasan medis? Apakah benar demikian?

Efek Diuretik

Menurut ilmu kedokteran, sebenarnya kopi tidak menyebabkan dehidrasi. Hanya saja kopi memiliki efek diuretik. Apa itu?

Kafein pada kopi menyebabkan ginjal kita mengurangi penyerapan sodium atau garam. Ginjal kita berfungsi melepaskan garam berlebih yang ada pada tubuh melalui air kencing. Ketika dikeluarkan, garam akan menyerap air sehingga produksi air kencing semakin besar.

Itulah sebabnya kita menjadi lebih sering buang air kecil dan diartikan dehidrasi.

Namun sebenarnya bagi kita yang sudah sering minum kopi, kita menjadi agak kebal terhadap efek ini. Sehingga, bisa dibilang juga tidak ada efek dehidrasi sama sekali.

Tinggalkan komentar