Benarkah Sapi Tidur Berdiri?

Bagi teman-teman yang tinggal di pedesaan, pasti sering melihat sapi yang sedang menutup matanya dalam kondisi sedang berdiri. Oleh karena fenomena ini, banyak yang menganggap bahwa hewan sapi dan sejenisnya tidur dalam kondisi sedang berdiri. Benarkah demikian?

Baca juga Perbedaan Antara Sapi, Lembu, Kerbau dan Banteng

Ternyata hal ini tidak benar. Menurut seorang peternak, sapi tidur layaknya seperti binatang lain pada umumnya, yaitu dalam kondisi rebahan. Hanya saja, waktu tidur sapi tidaklah panjang, hanya sekitar 2 jam sehari.

Jam tidur sapi tidak panjang, namun sapi sangat sering melakukan nap, alias tidur pendek. Inilah yang sering kita lihat, sapi masih sedang berdiri namun matanya tertutup.

Ketika sedang tidur pendek, sapi tidak benar-benar tidur. Bisa kita perhatikan kalau ekor dan telinganya akan bergerak-gerak ketika dia merasakan ada sesuatu yang mendekati mereka.

Mengapa demikian?

Dipercaya bahwa ini adalah sifat alami sapi untuk bertahan hidup. Sebagai hewan herbivora, sapi harus selalu dalam keadaan awas untuk menghindari serangan predator seperti serigala, macan dan hewan buas lainnya. Sifat alami ini tidak hilang walaupun sapi telah menjadi hewan ternak yang selalu ditempatkan di tempat terlindungi.

Para peternak berusaha membuat sapi peliharaannya mendapatkan istirahat yang lebih banyak, sehingga sapi bisa menghasilkan susu yang lebih banyak juga.

Tinggalkan komentar