Berbahayakah Kuning Telur Rebus Yang Menghitam

Telur ayam merupakan salah satu sumber protein alami yang sangat baik sekali. Mengonsumsi 1-2 butir telur rebus bisa membantu kita untuk memenuhi asupan protein yang dibutuhkan oleh tubuh.

Saya mengonsumsi telur rebus secara rutin, hampir setiap hari. Apakah kamu seperti saya juga?

Jika iya, maka kamu pasti sudah sering menemukan telur rebus yang bagian kuningnya terlihat menghitam di sisi luar.

Pada awalnya saya mengira ini adalah sebuah tanda kalau telur ayam yang saya pakai memiliki kualitas yang kurang bagus. Ternyata tidak demikian. Begini penjelasannya.

Besi Sulfida

Telur ayam mengandung banyak sekali nutrisi. Salah satu nutrisi yang terkandung dalam kuning telur adalah zat besi. Sedangkan pada bagian putih telur terdapat zat hidrogen sulfida, sebuah senyawa gas yang terbentuk ketika bakteri mengurai bahan organik.

Hidrogen sulfida sebenarnya merupakan gas yang dikategorikan beracun, inilah yang menimbulkan bau busuk pada telur.

Ketika dimasak terlalu lama, zat besi pada kuning telur ini akan bertemu dengan hidrogen sulfida yang ada pada putih telur dan akan membentuk besi sulfida. Inilah yang menimbulkan warna hijau kehitaman pada lapisan terluar kuning telur.

Walaupun ini tergolong zat beracun, namun sampai sekarang belum ada laporan tentang keracunan makanan akibat makan terlalu banyak telur. Jadi jumlahnya yang ada dalam telur masih tergolong aman untuk dikonsumsi.

Mencegah Kuning Telur Menghitam

Nah, walaupun aman untuk dikonsumsi, kuning telur yang tampak menghitam ini membuat selera makan menurun atau bahkan merasa jijik.

Jadi bagaimana caranya agar kuning telur ini tidak menghitam?

Satu-satunya cara adalah dengan mencegah telur tersebut direbus terlalu lama, atau kematangan.

Saya tidak akan menjelaskan bagaimana caranya. Karena seperti yang saya ketahui, cara merebus telur yang paling sempurna itu sangat variatif dan juga bergantung pada kondisi lokasi di mana kita merebus telur.

Misalnya, di daerah pegunungan air akan lebih cepat mendidih. Jadi, silakan teman-teman mencari tau sendiri bagaimana cara merebus telur dengan sempurna dan dicoba ya.

Tinggalkan komentar