Berbahayakah Menelan Permen Karet?

Permen ini memang sangat berguna dalam banyak situasi.

Lagi bosan, lagi ngantuk, lagi butuh fokus, lidah lagi terasa hambar, kunyahlah permen karet! Banyak penelitian juga menunjukkan bahwa kegiatan mengunyah permen karet bisa meningkatkan produksi hormon-hormon yang baik untuk tubuh.

Namun, apa yang akan terjadi jika seandainya permen karet tertelan dan masuk ke dalam saluran pencernaan? Apakah berbahaya?

Kalau dulu ketika saya masih kecil, saya mendengar cerita bahwa permen karet yang tertelan bisa menyebabkan kita tidak bisa tumbuh tinggi lagi. Haha. Dulu saya jadi khawatir, tapi sekarang merasa lucu.

Sebelum saya melakukan riset di Internet, saya memiliki pendapat bahwa permen karet tidak berbahaya jika tertelan. Logikanya, jika berbahaya, sudah pasti tidak akan mendapatkan izin dari pemerintah untuk dijual. Iya kan?

Permen Karet Yang Tertelan Tidak Berbahaya, Tapi…

Nah, setelah saya baca-baca dari beberapa website kesehatan, ternyata memang benar, menelan permen karet tidak berbahaya. Begini penjelasannya.

Ada banyak varian permen karet, dan kebanyakan menggunakan bahan dasar yang tidak bisa dicerna oleh saluran pencernaan kita. Kemudian ditambahkan bahan makanan lainnya seperti gula, mint, dan lainnya agar lebih nikmat dikunyah.

Ketika permen karet tertelan, bahan-bahan makanan yang ada akan dicerna oleh saluran pencernaan dan tersisa bahan dasar karet yang tidak bisa dicerna. Gumpalan sisa ini akan melewati saluran pencernaan dan kemudian dikeluarkan dalam bentuk feses (air besar). Memang terkadang bisa cukup lama berada dalam saluran, bisa sampai beberapa hari.

Jadi, permen karet yang tertelan itu tidak berbahaya untuk tubuh kita. Namun ada beberapa kasus di mana hal ini bisa menjadi berbahaya.

Jika kita sering (dengan sengaja) menelan permen karet, akan terkumpul banyak gumpalan karet dalam saluran pencernaan. Jika terkumpul banyak, semakin besar, pastinya ini akan mengganggu saluran pencernaan kita dan mungkin dibutuhkan tindakan medis untuk mengeluarkannya.

Selain itu, permen karet yang tertelan ketika kita sedang mengalami sembelit juga akan lebih sulit keluar dan memperburuk sembelit kita.

Ya tapi, pada akhirnya, siapa sih yang hobi menelan permen karet. Haha.

Eh, ternyata ada orang yang selalu menelan permen karet yang dia makan. Orang tersebut adalah Gary Vaynerchuk.

Tinggalkan komentar