Bersyukurlah Ketika Mendapatkan Masalah

Kembali lagi, saya menuliskan artikel ini sebagai catatan pribadi yang kelak akan saya baca ulang. Ada satu pembelajaran penting yang baru saya dapatkan dan saya ingin bagikan di sini.

Yaitu… jangan takut atau kesal terhadap masalah, namun bersyukurlah karena kita diberikan masalah dalam kehidupan sehari-hari.

Pada dasarnya… sebuah masalah berarti sebuah kesempatan agar diri kita bisa berkembang.

Ketika kita sedang menyetir mobil dan kemudian merasa kesal karena disalip oleh sopir angkot yang ugal-ugalan, itu sebuah masalah.

Ketika kita merasa ngantuk karena semalam tidak bisa tidur, padahal kerjaan saat ini sedang menumpuk, ini juga sebuah masalah.

Ketika di depan rumah kita ada pertunjukkan topeng monyet dengan suara yang sangat keras, ini juga sebuah masalah.

Namun semua masalah-masalah di atas belum tentu dianggap masalah oleh sebagian orang.

Mereka yang sudah sering disalip oleh supir angkot akhirnya menyadari tidak ada gunanya kesal. Mereka berhasil mencapai sebuah tingkat kesabaran yang lebih tinggi. Dan ini sudah bukan menjadi masalah lagi.

Mereka yang sudah sering berhasil menyelesaikan pekerjaannya dengan baik walaupun dalam kondisi ngantuk berat, menyadari bahwa tanggung jawab itu lebih penting. Mereka menjadi terlatih melawan kondisi ngantuk, dan ngantuk sudah bukan masalah bagi mereka.

Ada yang ribut-ribut depan rumah kita, tidak perlu ngomel! Cukup gunakan headset in-ear kamu (atau beli jika belum punya) untuk mendengarkan lagu-lagu yang enak didengar.

Sebenarnya ada banyak sekali masalah yang kita hadapi dalam kehidupan sehari-hari. Sebagian dari masalah tersebut sudah bukan lagi masalah karena level kita sudah lebih tinggi dari masalah tersebut. Dan sebagian lagi adalah sebuah kesempatan untuk melatih diri kita agar naik level lagi.

Jadi… bersyukurlah atas kesempatan ini!

Tinggalkan komentar