Cara Ampuh Mengubah Kebiasaan Buruk

Manusia adalah makhluk yang tidak sempurna. Setiap orang pasti memiliki sisi yang baik dan juga sisi yang buruk. Sudah pasti kita semua menginginkan agar hal-hal yang kita anggap buruk semakin berkurang dari diri kita.

Sebagian orang mengkhawatirkan hal-hal buruk yang ukurannya cukup besar. Namun jika kamu seperti saya, saya lebih mengkhawatirkan hal-hal buruk kecil yang sering saya lakukan, dan bahkan tanpa disadari. Itulah kebiasaan buruk.

Baru-baru saja saya secara tidak sengaja menemukan cara untuk meminimalisir atau bahkan menghilangkan kebiasaan-kebiasaan buruk dalam diri saya. Cara ini yang akan saya bagikan dalam artikel berikut.

Menurut saya, cara yang paling ampuh untuk mengubah kebiasaan buruk adalah mencari penggantinya yang mirip atau serupa, tapi memberikan dampak yang positif.

Saya ambil contoh satu kebiasaan buruk yang baru saja saya kurangi, yaitu menghabiskan waktu menonton konten-konten Youtube yang tidak berfaedah, misalnya video-video social prank yang cuma bisa menghibur penonton di atas penderitaan orang lain, hehe.

Sebagai pengantinya, saya juga tetap menonton Youtube, namun kali ini yang saya tonton adalah video-video yang bermanfaat yang bisa membantu untuk mengembangkan kemampuan diri saya.

Menurut saya bagian yang paling sulit adalah memulainya. Namun apabila aktivitas yang baru ini tidak bisa memberikan feel good yang sama seperti kebiasaan lama kita yang buruk, itu berarti kita harus mencari pengganti yang berbeda.

Jangan menyerah! Terus bereksperimen, pasti ketemu kok!

Tinggalkan komentar