Cara Bertahan Hidup Tanpa Air

Pernah kebayang gak, jika seandainya kamu tersesat di dalam hutan, tanpa makanan dan minuman? Bagaimana caranya bertahan hidup? Bertahan hidup selama mungkin hingga datang pertolongan.

Manusia bisa bertahan lebih lama tanpa makanan dibandingkan tanpa minuman. Ada penelitian yang menyatakan kita bisa bertahan hingga 8 minggu tanpa makanan, tapi hanya 3-5 hari tanpa minum. Nah, itulah sebabnya air jauh lebih penting di kondisi seperti ini.

Yuk kita bahas bagaimana caranya kita bertahan di sebuah alam yang tidak kita kenal.

Bergerak

Ketika dehidrasi atau kekurangan air, tubuh kita akan timbul masalah-masalah aneh, seperti jantung berdebar hingga halusinasi.

Karena itu sebaiknya kita harus tetap bergerak. Toh juga kita ingin mencari sumber air untuk kita minum kan? Kalau diam saja, ya gak bakal ketemu.

Hindari Keringat

Kita harus bergerak, tapi jangan terlalu aktif, semangat berlebih, hingga keringat bercucuran.

Santai saja, dan sebisa mungkin hindari tempat-tempat yang panas terik dan sulit untuk ditempuh.

Jejak Hewan

Nah, ini tips yang jarang diketahui oleh banyak orang.

Mengapa kita harus mengikuti jejak hewan? Biasanya hewan akan selalu bergerak menuju sumber makanan dan juga minuman. Jadi cara ini sangat bermanfaat bagi kita yang tidak memiliki kemampuan melacak.

Pohon Pisang

Ini salah satu pohon yang banyak sekali manfaatnya.

Jika kamu menemukan buah, lumayan dapat sesuatu untuk mengisi perut kosong. Dan juga kalori pisang itu cukup tinggi sehingga bisa memberikan kita energi yang lumayan.

Lalu patahkan batang pisang hingga sisa sedikit saja. Kemudian cungkil bagian tengahnya sehingga membentuk penampungan. Tunggu beberapa saat, dan air akan mengisi bagian tersebut. Ini dikarenakan sifat batang pisang yang bisa menyerap air.

Jika kamu memiliki pisau, kamu bisa memotong batang pisang tersebut hingga bagian intinya sekitar sebesar jempol. Itu juga bisa dimakan.

Teori Gravitasi

Ingat bahwa air akan selalu mengalir ke tempat yang lebih rendah. Jadi jika ingin menemukan air, kemungkinan besar ada di tempat yang lebih rendah. Selalu berjalan ke arah sana.

Tuhan YME

Dan yang terakhir, selalu berdoa kepada Tuhan YME sesuai dengan agama kamu masing-masing. Minta agar diberikan perlindungan dan kekuatan untuk melewati tantangan ini.

Leave a Comment