Cara Cek Keamanan Password

Ini gue baru nemu sebuah tutorial yang bermanfaat banget. Terutama untuk kalian yang sering nongol di dunia online, buat akun dengan password yang sama semua. Maksudnya sih agar gak perlu repot-repot nyatetin password satu per satu untuk tiap situs.

Menggunakan password yang sama untuk setiap situs adalah salah satu hal yang paling tidak dianjurkan oleh para pakar keamanan IT. Tapi gue dulu juga kekgini. Wakaka.

Kenapa dianggap tidak aman? Begini penjelasannya.

Ketika sebuah situs di-hack, bisa jadi database semua pengguna situs tersebut didapatkan si hacker. Baik email beserta passwordnya. Kemudian si hacker bisa mencoba menggunakan email dan password yang sama di situs lainnya. Jika seandainya password lu sama semua, berarti si hacker bisa mengakses akun lu di situs-situs lainnya kan?

Itulah sebabnya kita gak boleh menggunakan password yang sama untuk setiap situs. Kalo lu merasa repot untuk mengingat setiap password, lu bisa menggunakan password manager. Ini password manager gratis terbaik menurut gue, cobain Bitwarden.

Cek Apakah Password Aman

Password yang aman adalah password yang sulit ditebak. Usahakan password lu merupakan kombinasi dari huruf besar dan kecil, angka dan beberapa karakter spesial seperti !@#$%^&*().

Selain itu, sebaiknya ganti password secara berkala. Terutama untuk situs-situs penting seperti akun Google, Facebook, Instagram dan situs-situs terkenal lainnya. Jujur aja gue gak lakuin ini, repot sih! Hihihi.

Dan pastikan lu jangan menggunakan password yang uda pernah dibobol. Lu bisa cek di situs ini https://haveibeenpwned.com/Passwords, masukkin password yang lu pakai untuk dicek apakah password itu uda tersebar di forum-forum para hacker.

Kesimpulan

Menjaga keamanan password itu memang agak repot, tapi kalo akun kita kebobolan akan lebih repot lagi.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan silakan dibagikan ke temen-temen lu.

Tinggalkan komentar