Sulit Tidur? Coba Cara Ini!

Sebagian orang bisa tertidur dalam hitungan beberapa menit atau bahkan detik. Sebaliknya, sebagian lagi sangat sulit untuk tertidur, bisa saja membutuhkan waktu lebih dari 1 jam. Penyakit ini dikenal sebagai insomnia. Saya sendiri dulunya termasuk orang yang sering mengalami insomnia di malam hari.

Tulisan kali ini berasal dari satu penelitian yang dimuat di Journal of Applied Social Psychology. Tulisan ini akan memberikan sebuah cara yang sangat gampang yang bisa membantu kamu agar bisa tertidur lebih cepat. Beginilah cara tersebut:

  • Tulislah kata-kata yang berkaitan dengan tidur di secarik kertas, contohnya tenang, lelap, pulas, nyenyak, istirahat, nyaman.
  • Tempelkan kertas tersebut di dinding kamar mandi, meja tidur, atau tempat-tempat lain yang biasanya akan kamu lihat 1 jam sebelum tidur.
  • Bacalah tulisan tersebut beberapa kali ketika kamu melihatnya.

Cara diatas adalah hasil penelitian yang dilakukan oleh Southern Illinois University Edwardsville, salah satu penelitinya adalah Mitsuru Shimizu, Ph.D. Shimizu menjelaskan bahwa dengan membaca kata-kata, kita akan mengaktifkan bagian otak yang memproses mental yang berorientasi pada tujuan tertentu. Bagian otak inilah yang mengontrol bagaimana kamu merasakan lelah atau semangat.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah 5 menit membaca kata-kata yang berhubungan dengan tidur, orang bisa tidur 47% lebih panjang selama tidur singkat, dibandingkan dengan yang tidak membaca kata-kata tersebut. Denyut jantung juga menurun secara signifikan, ini merupakan tanda sebuah tidur dengan kondisi lelap.

Penelitian ini lalu dilakukan terhadap orang-orang yang memiliki kesulitan tidur, dan ternyata hasilnya menunjukkan cara ini juga efektif untuk orang-orang tersebut.

Silakan dicoba. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk kamu!

Leave a Comment