Cara Membuat Pendahuluan Artikel Yang Menarik Pembaca

Kita harus mengerti cara membuat pendahuluan artikel yang menarik, yang bisa membuat orang tertarik untuk membaca artikel yang kita tulis hingga selesai. Kalo gak, ya sia-sia deh artikel yang lu tulis.

Dalam menulis artikel yang paling penting itu adalah judul. Harus bisa menarik perhatian. Namun ini bukan topik pembahasan artikel kali ini.

Setelah judul, bagian terpenting berikutnya adalah pendahuluan. Pendahuluan harus bisa membuat orang tertarik atau penasaran untuk terus lanjut membaca artikel lu hingga selesai. Bagaimana cara membuat pendahuluan artikel yang baik, inilah yang akan kita bahas secara detail sekarang.

Cara yang akan gue berikan ini adalah menurut pengalaman pribadi gue, ya mungkin aja ada kesamaan dengan teori orang lain. Menurut gue pendahuluan artikel yang baik itu ada mengandung 3 kriteria, dan sayangnya banyak penulis yang gagal untuk memenuhi kriteria terakhir.

Ayuk kita bahas ketiga kriteria tersebut!

1. Tujuan Pokok

Sebisa mungkin paragraf pertama lu itu langsung menjelaskan tujuan pokok dari artikel itu ditulis. Kita gak perlu jelasin lagi topiknya, karena pada dasarnya orang uda mendapatkan gambaran besar topik artikel melalui judul, masuk akal kan?

Seperti artikel ini, di kalimat pertama gue langsung menyebutkan tujuannya adalah “agar orang tertarik untuk baca artikel yang kita tulis hingga selesai”.

Pastinya tujuan yang lu sebutkan itu harus menarik bagi pembaca. Jika tujuannya itu gak ada benefitnya buat si pembaca, biasanya mereka langsung batal baca.

2. Garis Besar Isi

Kita mesti berikan sedikit petunjuk buat si pembaca kira-kira apa yang bakal menjadi isi dari artikel ini. Tujuannya agar pembaca bisa memiliki sedikit gambaran apakah isi artikel ini layak untuk mereka baca. “Layak” dalam konteks apakah memang ini artikel yang sedang mereka cari dan kira-kira cocok untuk dibaca sekarang atau disimpen dulu untuk nanti.

Contohnya dalam artikel ini gue menyebutkan kalo pendahuluan artikel yang baik itu harus mengandung 3 buah kriteria. Kalo gue sebut ada 15 buah kriteria, mungkin bagi beberapa pembaca merasa kebanyakan, dan akhirnya mereka gak jadi baca.

Kalo lu hobi blogging, baca juga Tips Memilih Niche Blog Yang Menguntungkan

3. Rasa Penasaran

Sama seperti trailer film, biasanya di bagian terakhir itu pasti bikin kita penasaran kan? Jadinya lu kepengen nonton.

Begitu juga dengan pendahuluan artikel kita, sebisa mungkin isi dengan sebuah misteri, yang bisa membuat pembaca penasaran apa sih itu.

Contohnya dalam pendahuluan artikel ini, gue bilang kalo banyak penulis yang gagal memenuhi kriteria terakhir. Pasti lu mikir kan apa sih kriteria tersebut? Ketika lu pengen tau, lu pasti bakal baca sampai rasa penasaran lu itu terjawab. Karena itu juga, kalo bisa ya bagian yang buat penasaran itu diletakkan di bagian akhir artikel. Biar artikel lu dibaca semua isinya. Hehehe.

~

Jadi itu 3 buah kriteria pendahuluan artikel yang baik menurut versi gue. Mungkin ada kriteria lainnya yang menurut lu layak untuk ditambahkan. Langsung aja dikomen ya. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan komentar