Cara Mencari Topik Artikel Yang Menarik

Dalam artikel kali ini, saya ingin berbagi tips bagaimana saya mencari ide topik artikel yang menarik yang biasanya saya tulis untuk Blog Bebas ini.

Kita tidak akan membahas tentang bagaimana Cara Membuat Artikel Yang Berkualitas ataupun Cara Mendapatkan Uang Dari Blog.

Kita juga tidak akan membahas bagaimana mencari topik artikel yang bagus untuk SEO. Yang akan saya jelaskan adalah benar-benar bagaimana memilih topik artikel yang menarik untuk para pembaca. Ya kalau beruntung, topik tersebut bisa viral dan bisa meningkatkan traffic website kamu.

Baiklah, mari kita mulai membahas langkah-langkahnya.

1. Pilih Topik Utama Yang Kamu Senangi

Untuk mendapatkan uang dari blogging, yang paling penting adalah traffic atau jumlah pengunjung.

Kita bisa meningkatkan jumlah pengunjung website kita dengan mengisi konten-konten yang sering dicari banyak orang, walaupun konten yang tidak berkualitas (seperti acara TV zaman now!).

Atau kita bisa mengisi website kita dengan konten-konten yang kamu senangi dan pastinya kamu tulis dengan serius dan memiliki kualitas yang baik.

Memang cara kedua biasanya lebih membutuhkan waktu yang cukup panjang dan konsistensi. Namun menurut saya, ketika kita melakukan hal yang kita senangi, kita sudah lupa waktu dan tidak perlu dimotivasi agar terus konsisten melakukannya. Benar kan?

Untuk Blog Bebas ini, hampir semua kontennya berisi tentang hal-hal yang membuat saya penasaran beserta jawabannya. Terkadang saya juga mengisinya dengan tips-tips yang menurut saya bisa bermanfaat untuk teman-teman pembaca sekalian. Saya juga menganggap blog ini sebagai wadah buat saya melatih diri untuk menulis dengan baik.

Baca juga Mengapa Saya Menulis?

Jadi, menurut saya yang pertama kali kita harus lakukan adalah menentukan topik yang kita senangi dan fokus. Tidak perlu dipikirkan seberapa banyak orang yang akan menyukai topik yang kamu pilih. Percayalah pasti ada sekelompok orang yang akan memiliki minat yang sama.

2. Banyak Membaca

Kita bukanlah seorang filsafat yang kerjaannya sebagian besar hanya berpikir.

Oleh karena itu, kita harus banyak membaca untuk mendapatkan lebih banyak informasi yang ada di dunia ini tanpa harus berpikir (keras).

Oh iya, kita bebas membaca topik apapun, bahkan yang pada awalnya seperti tidak ada hubungannya dengan topik yang kita senangi. Baca saja sebanyak mungkin. Dan semakin banyak kita membaca, semakin banyak ide-ide topik yang bermunculan.

Contohnya, jika kamu menyenangi topik video games, kamu boleh saja membaca artikel-artikel yang bersifat bisnis ataupun kesehatan. Tiba-tiba kamu akan kepikiran membuat topik artikel atau konten tentang bisnis video games, atau contoh lainnya topik tentang menjaga kesehatan untuk para gamer.

Berikut adalah beberapa sumber yang rutin saya baca:

3. Riset

Setelah kamu menemukan topik yang menarik dari kegiatan kamu membaca, ataupun merenung, jangan langsung dijadikan topik artikel kamu berikutnya.

Nah, kita harus meriset lebih dalam lagi topik tersebut. Toh, sebelum kita menulis artikel, kita ingin menyusun kerangka artikelnya dan membutuhkan informasi-informasi lainnya sebagai referensi kan.

Menurut pengalaman saya, sering kali ketika meriset lebih lanjut, saya menemukan topik turunan yang lebih menarik untuk dibahas. Topik seperti ini biasanya lebih spesifik, lebih banyak orang yang senang membacanya, dan biasanya juga lebih gampang di-share oleh para pembaca.

Kan lumayan buat nambah traffic website kamu.

Contohnya untuk topik tentang menjaga kesehatan untuk para gamer, kita bisa membahas hal yang lebih spesifik lagi, misalnya tentang menjaga kesehatan mata untuk para gamer. Bukankah lebih menarik?

Tinggalkan komentar