Cara Mendapatkan Uang Dari Blog

Ada banyak cara mendapatkan uang dari blog di zaman sekarang. Hanya dengan modal laptop, koneksi Internet dan sedikit pengetahuan IT, kamu bisa menghasilkan uang setiap bulannya.

Dalam artikel ini kita akan membahas satu per satu caranya secara detail, bagaimana cara membuat blog gratis dan menghasilkan uang.

Kita akan membahas bagaimana cara menghasilkan uang dari blog Google Adsense. Tapi bukan hanya itu saja ya, ada cara-cara lainnya juga yang akan kita bahas, misalnya dengan afiliasi.

Berikut adalah daftar isi artikel ini:

  • Cara Membuat Blog Gratis
  • Cara Menghasilkan Uang Dari Blog
    • Google Adsense
    • Afiliasi
    • e-Book
    • Kursus Online
    • Iklan Lainnya
  • Cara Meningkatkan Traffic Blog
    • Media Sosial
    • SEO
    • Iklan

Cara Membuat Blog Gratis

Ada banyak sekali platform blog gratis yang ada di Internet saat ini, seperti Blogger (dulu Blogspot) milik Google, WordPress, Wix, Weebly, Tumblr, dan seterusnya.

Agar lebih simpel, dalam artikel kali ini kita hanya akan fokus pada dua yang paling sering dipakai, dan menurut saya yang paling mendukung kita untuk mendapatkan uang dari blog.

Saya juga tidak akan menjelaskannya secara detail. Saya akan memilih dua buah video tutorial membuat blog dengan Blogger dan WordPress yang menurut saya paling baik. Silakan kamu pelajari.

Sebelum ditonton videonya, saya akan memberikan pendapat saya mengenai perbedaan antara Blogger dan WordPress untuk membantu kamu memutuskan mau pakai yang mana.

Menurut saya, Blogger lebih mudah dipakai atau lebih cocok untuk orang awam yang kurang pasih dalam dunia IT. Namun fitur-fitur yang ditawarkan oleh Blogger tidak sebanyak dan tidak sefleksibel yang ditawarkan WordPress.

Jika kamu ingin coba-coba terlebih dahulu dan tidak memiliki pengetahuan tentang IT, saya sarankan untuk memilih Blogger. Namun jika kamu sudah yakin ingin fokus dalam dunia per-blogging-an, apalagi jika memiliki kemampuan IT, langsung aja pakai WordPress.

Berikut adalah video tutorialnya.

Tutorial membuat blog dengan Blogger, oleh KepoinIT
Tutorial membuat blog dengan WordPress, oleh KepoinIT

Cara Menghasilkan Uang Dari Blog

Nah, kamu sudah berhasil membuat sebuah blog, dan secara berkala kamu isi dengan artikel-artikel atau konten jenis lainnya yang menarik. Terus, bagaimana caranya bisa mendapatkan uang dari sana?

Ada banyak cara. Kita akan membahas lima cara yang paling sering digunakan dan sudah terbukti.

1. Google Ads (Google Adsense)

Google Ads, yang dulunya dikenal sebagai Google Adsense, merupakan platform iklan online terbesar di dunia.

Sebagai pemilik website, kamu bisa mendaftarkan website kamu (termasuk juga blog yang sedang kita bahas) ke Google untuk dipakai untuk menampilkan iklan.

Iklannya siapa?

Iklan milik orang lain, yang membayar Google untuk menampilkan iklan mereka ke para pengguna internet. Jadi mereka membayar Google, dan kemudian Google membagikan bayaran tersebut kepada para pemilik website yang bersedia untuk menampilkan iklannya.

Jika mendengar kisah sukses para blogger-blogger terkenal di dunia, mereka bisa menghasilkan ratusan juta hingga milyaran rupiah per bulan loh!

Selain Google Ads, masih banyak juga platform iklan lainnya. Saya tidak akan menyebutkan satu per satu karena sangat banyak. Kamu bisa tinggal mencarinya di Google dengan kata kunci “Google Adsense alternative”.

2. Afiliasi

Afiliasi itu seperti agen atau makelar. Kita menjual produk orang lain dengan cara memberikan link ke website penjualan tersebut.

Link ini cukup unik, karena berisi kode yang berisi informasi dari mana link tersebut. Sehingga penjual produk tahu bahwa dia mendapatkan penjualan berasal dari website kamu misalnya. Kamu akan mendapatkan komisi atas penjualan tersebut.

Pada umumnya, strategi ini jauh lebih menghasilkan daripada Google Ads jika si pemilik blog merupakan orang yang cukup terkenal, atau sangat dipercaya.

3. e-Book

Pada dasarnya, kita menulis sebuah buku dalam bentuk digital, atau yang disebut e-Book, dan kemudian kita jual.

e-Book bisa dijual dengan harga yang jauh lebih murah karena kita tidak perlu repot mencari publisher, mencetaknya dan kemudian mendistribusikan ke toko-toko seperti buku fisik pada umumnya. Tapi pastinya, isinya harus bagus dong, baru orang mau membeli.

Ada yang berhasil meraup penjualan miliaran rupiah dengan menjual e-Book yang hanya dihargai sebesar $0.99 (atau sekitar 15 ribu rupiah). Wow!

4. Kursus Online

Kamu juga bisa menggunakan blog kamu untuk mempromosikan sebuah kursus online. Kamu bisa mengajarkan sesuatu yang unik yang kamu kuasai, misalnya bermain sulap atau memasak.

Kursus ini biasanya berupa video yang sudah direkam terlebih dahulu. Kamu cukup merekam sekali, dan kamu bisa mengajar banyak sekali orang, serta mendapatkan profit!

Menarik kan?!

5. Iklan Lainnya

Pada dasarnya, kamu bisa berjualan apapun melalui website atau blog kamu. Yang paling penting sebenarnya adalah traffic atau lalu lintas ke website kamu. Semakin banyak yang mengunjungi, semakin tinggi potensi kamu meraup keuntungan.

Bahkan ada perusahaan besar yang rela membayar seorang blogger untuk menuliskan sebuah artikel tentang bisnis mereka di blog-nya, tanpa menjual apapun. Perusahaan tersebut rela membayar mahal demi bisnisnya dikenal lebih banyak orang.

~

Jadi, sekarang kita sudah mengerti yang paling penting adalah traffic. Selanjutnya kita akan membahas bagaimana cara meningkatkan traffic ke blog kita.

Cara Meningkatkan Traffic Blog

Ada banyak cara meningkatkan traffic blog kita. Pada dasarnya, yang akan kita lakukan adalah marketing atau pemasaran. Yang di-marketing-kan adalah blog kita sendiri.

Saya tidak akan membahas cara “curang”, yang hanya akan meningkatkan traffic secara angka saja. Yang kita inginkan adalah traffic yang benar-benar memiliki nilai. Pengunjung yang datang ke website kita benar-benar ingin mengonsumsi konten yang telah kita buat.

1. Media Sosial

Jika kamu sudah memiliki akun media sosial yang memiliki pengikut yang cukup banyak, maka manfaatkan lah.

Setiap kamu membuat konten untuk website kamu, bagikan linknya melalui akun media sosial kamu. Pastikan website kamu juga gampang untuk dibagikan. Banyak plugin gratis yang bisa membantu kamu melakukan hal ini.

2. SEO

SEO adalah singkatan dari search engine optimization. Yang artinya mengoptimisasi website kamu agar menjadi pilihan utama mbah Google untuk ditampilkan ketika ada orang yang mencari informasi tertentu.

Kita gak akan membahas secara detail bagaimana melakukannya ya. Ada banyak sekali tekniknya, dan selalu mengalami perubahan. Guru yang terbaik adalah mbah Google, langsung aja di-Googling tentang SEO, ada banyak sekali materinya.

Mungkin kedepannya saya akan sering membuat artikel-artikel tentang SEO di blog ini.

3. Iklan

Nah, ini adalah salah satu cara berbayar. Cara ini khusus bagi kamu yang memiliki budget untuk disisihkan.

Pastikan biaya iklan yang kamu keluarkan, akan menghasilkan traffic yang cukup untuk memberikan penghasilan yang lebih tinggi lagi dari biaya iklan tersebut.

Kamu bisa memasang iklan di platform Google, Facebook, Youtube dan platform besar lainnya. Alternatif lain yang lebih murah, kamu bisa menggunakan jasa endorse yang ditawarkan para selebgram. Biasanya lebih terjangkau dan hasilnya bisa lebih tinggi daripada beriklan di Google.

Kesimpulan

Menurut saya, jika kamu ingin serius menghasilkan uang dari blogging, mulai aja dulu. Yang penting adalah konsistensi.

Cobalah membuat konten atau menulis artikel secara konsisten selama 3 bulan. Hal ini untuk menguji apakah sebenarnya diri kita cocok dengan sistem ini. Silakan baca Cara Membuat Artikel Yang Berkualitas.

Ketika kamu sudah berhasil menghasilkan traffik sebesar 100 pengunjung per hari, kamu boleh mulai memikirkan bagaimana memonetisasi atau menghasilkan uang dari blog.

Jangan berharap terlalu besar dulu ya. 100 pengunjung per hari tidak akan menghasilkan lebih dari $10 per bulan dari Google Ads.

Namun ketika kita bisa menghasilkan sesuatu, ini adalah sebuah momentum yang sangat berharga. Ini sebuah bukti bahwa ada cara menghasilkan uang dari blog. Selanjutnya tinggal kamu kembangkan lagi blog kamu agar bisa menghasilkan lebih besar.