Cara Mengetahui Redaman Kabel Optik Yang Mempengaruhi Kecepatan Internet

Zaman sekarang, hampir semua koneksi Internet rumah dan kantor menggunakan kabel optik. Sebagian kecil lagi mungkin memanfaatkan teknologi satelit karena membutuhkan koneksi yang super cepat.

Kita sudah pernah membahas tentang Benarkah Cuaca Buruk Mempengaruhi Kecepatan Internet?

Dan baru-baru ini, ketika saya memasang koneksi Internet yang baru, saya mempelajari sesuatu hal yang baru yang mempengaruhi kecepatan Internet kita, yaitu tingkat redaman kabel optik.

Kamu pasti sering mendengar komentar orang-orang ataupun merasakan sendiri kalau kualitas kecepatan Internet yang kita pakai pada awalnya sangat bagus, dan lama kelamaan menjadi lemot. Kemungkinan besar hal ini terjadi karena adanya perubahan redaman pada kabel optik yang kita pakai.

Dalam artikel ini, kita akan mempelajari bagaimana cara mengetahui tingkat redaman tersebut dan berapa nilai redaman yang normal. Sehingga jika suatu saat koneksi Internet di rumah atau kantor tiba-tiba menjadi lemot, kamu bisa mencoba memeriksa tingkat redaman ini, dan jika sudah tidak normal, kamu bisa melapornya kepada penyedia servis agar diperbaiki.

Untuk mengetahui tingkat redaman, kita harus mengakses dashboard modem kita. Sorry, saya tidak akan menjelaskan bagaimana cara mengaksesnya, karena tiap penyedia jasa Internet memiliki cara yang beda-beda.

Setelah memasuki dashboard, cari menu yang bernama Optical Information, ataupun yang sejenisnya. Kemudian cari yang namanya RX Optical Power. Berikut adalah screenshot dari tampilan dashboard modem saya.

Tingkat redaman yang baik adalah lebih tinggi dari -20 dBm, misalnya -19 dBm, -18 dBm, dst. Walaupun untuk ukuran standarnya adalah -8 hingga -27 dBm seperti yang tertera di atas.

Mengapa kita sebaiknya mengetahui hal ini?

Menurut saya, ketika kita menghubungi si penyedia servis Internet untuk melaporkan kualitas Internet yang kurang baik, jika kita bisa menyebutkan istilah “redaman” seperti ini, mereka pun akan menganggap kita bukanlah orang yang tidak mengerti IT.

Jadi, mereka akan berpikir dua kali sebelum memberikan jawaban, “silakan restart modem” atau “ada gangguan kecil, mohon bersabar”. Hehe…

Semoga tips ini bermanfaat dan silakan dibagikan ke teman-teman kamu.

Tinggalkan komentar