Cara Menghitung Persen Dengan Cepat

Ketika masuk pelajaran matematika, kita mulai belajar menghitung persentase. Kenyataannya dalam hidup kita kedepannya, cara menghitung persen ini sangat dibutuhkan. Ketika berdagang, ketika investasi, ketika mau kredit, dan lain sebagainya.

Gue yakin sebagian dari elu walaupun ngerti apa itu persen, tapi kalo sekarang disuruh hitung-hitungan persentase sekarang, pasti bingung, mesti nyari artikel lagi. Kalah elu sama anak SMP, mungkin sekarang uda masuk kurikulum anak SD. Hehe…

Gak usa malu lah. Gue bikin artikel ini juga asal usulnya karena barusan bingung hitung-hitungan persentase invetasi.

Jenis Persen Yang Sering Dipakai

Gue langsung ambil beberapa contoh hitungan persen yang paling sering dipakai ya. Harusnya kalo kita uda ngerti ini semua, uda bisa hitung-hitungan jenis persen yang lainnya.

Cara Menghitung Persen Keuntungan

Menghitung persen keuntungan itu paling asyik, bener kan?

Asal jangan minus aja, itu kebalikannya, rugi coy!

Cara hitung persen keuntungan cukup gampang. Elu hitung dulu berapa total keuntungan lu.

Misalnya modal dagang lu itu 1000, lalu total jualan lu 1200, jadi untungnya itu 1200 – 1000 = 200.

Sekarang cara menghitung persen keuntungannya adalah untung dibagi modal, lalu dikalikan 100.

Jadi 200 / 1000 x 100 = 20%. Nah, gampang kan?

Kebalikannya kalo rugi, nilai kerugiannya itu yang dibagikan ke modal. Uda ngerti kan?

Hari ini dagang uda untung berapa persen? Hehe.

Cara Menghitung Persen Diskon

Ini simpel aja. Kalo mau hitung diskon biasanya mau tau dari diskon sekian, nominalnya berapa, atau sebaliknya.

Misalnya lu jualan barang harganya 1000, lu mau kasi diskon 15%. Terus lu mau nunjukkin harga diskonnya ke customer elu. Caranya begini ya.

Pertama-tama kita mau cari tau dulu 15% itu berapa besar. Hitungannya adalah 15 x 1000 / 100 = 150.

Terus lu kurangi harga normalnya dengah tuh diskon, berarti 1000 – 150 = 850. Jadi, 850 adalah harga diskonnya.

Nah sekarang misalnya lu taunya mau kasi harga diskon sekian, tapi lu mau nunjukkin persennya ke customer. Itu gimana caranya?

Ini hampir mirip dengan cara hitung persen keuntungan seh. Caranya adalah nominal diskon dibagi harga asli, lalu dikalikan 100.

Misalnya nilai barang 1000, lalu lu mau kasi diskon 150. Persentase diskonnya adalah 150 / 1000 x 100 = 15%

Biasanya yang sulit itu ketika lu tau harga diskonnya dan besar diskonnya, dan lu mau tau harga aslinya. Misalnya lu tau diskonnya itu sebesar 20% dan harga diskonnya menjadi 640. Berapa harga aslinya?

Nah, kalau gini gue gak jelasin secara detil, gue kasih langsung aja rumusnya ya.

Harga asli = harga diskon / (100 – diskon) x 100

Jadi harga asli = 640 / (100 – 20) x 100 = 640 / 80 x 100 = 800

Uda mulai bingung? Hehe.

Cara Menghitung Persen Kenaikan

Ini mirip seperti cara menghitung persen keuntungan. Kalau lu uda paham, langsung aja lanjut ke bagian berikutnya. Kalo belum, simak baik-baik ya.

Pada dasarnya, yang ingin kita ketahui adalah besar perbedaan nilai awal dan akhir, dan kemudian perbedaan tersebut dibandingkan dengan nilai awal.

Misalnya awal tahun lu investasi 1000, dan akhir tahun nilainya menjadi 1120. Berapa persen kenaikannya.

Pertama-tama kita hitung dulu perbedaan nilainya, yaitu nilai akhir – nilai awal. Jadi 1120 – 1000 = 120.

Lalu kita bandingkan perbedaan tersebut dengan nilai awal. Ingat dikali 100 ya agar dapat persentasenya.

Jadi 120 / 1000 x 100 = 12%.

Gampang kan?

Cara Menghitung Persen Bunga Pinjaman

Nah, uda siap? Di sinilah elu mulai harus bener-bener fokus mencermati rumus perhitungan.

Dalam dunia perkreditan, ada banyak jenis bunga. Namun agar lebih simpel, kali ini gue pilih dua jenis yang paling sering dipakai yaitu bunga flat dan bunga efektif.

Kita ambil contoh kasus lu minjem duit sebesar 120 juta ya dan harus dilunasi dalam jangka waktu 1 tahun dengan bunga sebesar 10%.

Bunga Flat

Bunga flat artinya perhitungannya tetap, gak berubah, setiap cicilan besarnya sama.

Cara hitung besar cicilan untuk setiap bulannya begini.

Cicilan pokok = jumlah kredit / jumlah bulan

Bunga cicilan = (bunga x jumlah kredit) / jumlah bulan

Total cicilan = cicilan pokok + bunga cicilan

Jadi setiap bulan lu harus bayar cicilan pokok sebesar = 120 juta / 12 bulan = 10 juta.

Dan bunga cicilan sebesar = (10% x 120 juta) / 12 bulan = 1 juta.

Jumlah cicilan yang lu harus bayar setiap bulan = 10 juta + 1 juta = 11 juta.

Bunga Efektif

Nah, kalau untuk ini, setiap bulan bunganya makin kecil, karena dihitung berdasarkan sisa cicilan lu.

Cara menghitung cicilan bulan pertamanya sama seperti perhitungan yang flat, berarti 11 juta.

Di bulan kedua, lu hitung dulu sisa hutang lu. Lu uda nyicil 10 juta, berarti sisa 110 juta kan?

Sekarang hitung bunga cicilannya dengan rumus (bunga x SISA kredit) / jumlah bulan. Oh iya, “jumlah bulan” itu maksudnya lamanya kredit ya, bukan sisa waktu kredit. Berarti tetap 12 bulan.

Jadi bunga cicilan lu untuk bulan kedua adalah (10% x 110 juta) / 12 = 916.667.

Total cicilan lu untuk bulan kedua adalah 10 juta + 916.667 = 10.916.667.

Bagaimana dengan bulan ketiga? Sisa hutang 100 juta.

Berarti bunga cicilan adalah (10% x 100 juta) / 12 = 833.334.

Total cicilan lu untuk bulan ketiga adalah 10 juta + 833.334 = 10.833.334.

Udah ngerti ya?

Menhitung Persen Menggunakan Alat

Lah ini buat apa lagi dijelasin? Semua uda pada tau cara pakai kalkulator mah.

Namun tau gak lu, pas gue coba nanya beberapa orang, ternyata masih banyak yang gak tau cara pakainya. Kebalik-balik. Jadi ini gue tambahin sekalian deh penjelasannya.

Juga biar artikel ini lebih panjang, bagus buat blog. Hehehe.

Cara Menghitung Persen Di Kalkulator (HP)

Ada tombol persen (%) pada kalkulator, sengaja dikasi agar lebih mempermudah kita menghitung persenan. Baik di kalkulator yang memang kalkulator, ataupun di aplikasi kalkulator yang ada di HP. Sama aja.

Kalo lu mau itung nilai persen dari sebuah nominal, ini kita gunakan tanda kali (x) ya. Misalnya mau tau 20% dari 1000 itu berapa, kita masukkinnya 1000 x 20%.

Terus kalo lu mau hitung berapa nilainya setelah naik sekian persen, kita gunakan tanda tambah (+). Misalnya 1000 setelah naik 10% jadi berapa, kita masukkinnya 1000 + 10%. Jangan kebalik ya, lu harus masukkin nilainya dulu, ga bole 10% + 1000.

Begitu juga kalo mau hitung nilai setelah turun sekian persen, kita gunakannya tanda kurang (-). Contohnya 1000 – 10%, dan jangan kebalik juga.

Sekarang kalo mau itung nilai A itu berapa persen dari nilai B, ini juga simpel. Gunakan tanda bagi (÷). Misalnya mau hitung 450 itu berapa persen dari 1800, tinggal masukkin 450 ÷ 1800%. Perhatikan urutannya ya, ga boleh kebalik, dan bagian terakhir tambahkan tanda persen.

Penutup

Sebenarnya masih banyak tips menghitung persenan dengan cepat. Tapi kalo mau dibahas semuanya, nanti artikel ini kepanjangan, lu yang pada bingung.

Jadi sampai di sini aje ya. Silakan dibagikan artikel ini kalo bermanfaat.

Tinggalkan komentar