Cara Mengusir Semut Tanpa Membunuh

Zaman sekarang, untuk menghabisi kerumunan semut sangatlah gampang. Tinggal semprotkan racun pembunuh serangga, selesai dah.

Namuh dalam beberapa situasi, kita tidak ingin membunuh semut tersebut atau menyemprotkan racun serangga bukanlah cara yang bisa dipakai. Misalnya ketika kita melihat kerumunan semut di dalam tempat penyimpanan cemilan kita, ataupun kamu melihat semut bermunculan di balik tuts keyboard laptop kamu.

Iya bener, semut itu suka bersarang di dalam laptop. Katanya sih karena ada gelombang elektromagnetik yang membuat semut tertarik.

Pada situasi seperti ini, menggunakan racun serangga pasti akan merusak makanan ataupun benda elektronik kita. Jadi bagaimana caranya untuk mengusir kerumunan semut tersebut ya?

Ini salah satu cara yang pernah saya coba. Terlihat aneh dan rasanya tidak mungkin, tapi ternyata berhasil loh!

Metode Isolasi

Semut adalah salah satu jenis hewan yang sangat kompak. Ketika menemukan makanan, mereka akan meninggalkan jejak agar teman-teman lainnya bisa dengan cepat menemukan sumber makanan tersebut.

Baca juga Cara Semut Menemukan Makanannya

Selain itu, semut juga memiliki insting yang sangat kuat ketika diri mereka berada di suatu tempat yang terisolasi. Mereka akan segera berusaha menemukan jalan keluarnya.

Jaid, kita akan memanfaatkan kedua karakteristik semut ini. Mari kita ambil contoh sebuah laptop yang telah menjadi sarang semut, ini juga yang saya hadapi waktu itu.

Pertama-tama, jangan anggap remeh terhadap semut yang ada dalam laptop kita ya. Semut-semut tersebut beresiko menyebabkan korsleting yang bisa merusak piranti keras laptop kita. Jadi harus segera ditangani.

Ambil sebuah mangkok yang telah diisi air dan kemudian letakkan botol atau sesuatu yang lebih tinggi di tengah mangkok tersebut. Seakan-akan kita membuat sebuah benteng yang dikelilingi kolam. Setelah itu, letakkan laptop di atas “benteng” tersebut.

Sekarang semut-semut yang ada di dalam laptop tersebut sudah terisolasi dari dunia luar, mereka tidak bisa melarikan diri karena ada kolam yang mengelilingi laptop.

Yang perlu kita lakukan sekarang adalah membuat sebuah jalan keluar untuk para semut melarikan diri. Ingat, cukup SATU jalan keluar saja. Dulu saya meletakkan sebuah sendok yang menghubungkan laptop dengan meja tempat mangkok tersebut diletakkan. Jadi ibaratnya, sendok ini adalah sebuah “jembatan” bagi si semut.

Biarkan selama satu malam. Jika teman-teman ada waktu luang, silakan diperhatikan apa yang terjadi. Dimulai dari satu ekor semut menemukan jalur keluar. Setelah itu, semut tersebut akan kembali sekali lagi ke laptop untuk mengajak teman-temannya melarikan diri.

Video di bawah ini sangat jelas memperlihatkan cara ini. (Catatan: sebaiknya kamu memadamkan laptop kamu ketika menjalankan cara ini ya)

Semoga bermanfaat dan silakan dicoba!

Tinggalkan komentar