Cara Menjadi Konsisten Dengan 5 Langkah Sederhana Ini!

Untuk bisa konsisten itu gampang-gampang sulit. Gampang kalo lu uda tau cara menjadi konsisten, sulit kalo lu nyoba jadi konsisten dengan memaksa diri.

Konsistensi itu sangat penting kalo lu pengen sukses. Tanpa konsistensi ataupun disiplin dalam hidup, lu pasti berhenti di tengah jalan, sia-sia apa yang uda lu mulai.

Bagi sebagian orang, konsisten itu terdengar mengerikan. Menurut gue, kalo lu menjalankan 5 langkah sederhana berikut, konsisten itu sangat mudah. Bahkan lu bisa suka menjalankan apa yang lu harus kerjakan.

Ini langkah-langkahnya, beserta penjelasannya agar lu ga protes. Hehe.

1. Kenali Diri Sendiri

Lu harus mengerti diri lu sendiri. Cara mengenali diri sendiri misalnya lu dengan jujur menulis daftar kelebihan dan kelemahan lu, kondisi dan situasi lu saat ini dan lainnya yang berhubungan dengan diri lu.

Misalnya gini… Lu itu suka dan jago menulis artikel, lemahnya lu gak ngerti teknologi Internet. Lu punya modal lumayan banyak, mungkin karena dari keluarga yang ekonominya lumayan. Dan lu punya waktu luang yang terbatas karena lagi mau menyelesaikan kuliah.

Kumpulin informasi-informasi seperti ini. Ini nanti bakal dipakai untuk langkah berikutnya.

2. Tujuan Yang Jelas

Ketahui apa yang lu mau, yang jelas ya! Tentukan satu aja!

Mau tambah kaya. Gampang. Nih gue kasih goceng. Tambah kaya kan? Hehe.

Harus spesifik. Misalnya, gue mau nambah income sebesar minimal 3 juta rupiah per bulan dari semi-passive income, dan mau tercapai dalam waktu 12 bulan. Mantap!

Ini uda cukup spesifik. Semakin spesifik, semakin gampang lu ketemu caranya di langkah berikutnya.

Setelah itu, lu harus punya alasan yang kuat kenapa pengen mencapai tujuan tersebut. Ini wajib! Kalo belum nemu, jangan lanjut dulu. Ini adalah kuncinya cara menjadi konsisten.

3. Buat Rencana Yang Jelas

Sekarang saatnya lu pikirin bagaimana caranya dengan kondisi lu (langkah 1), bisa mencapai tujuan lu (langkah 2).

Misalnya lu bisa mulai buat blog dan kemudian di monetise.

Lalu pertama-tama lu buat dulu garis besar dan rencana lu.

Karena lu gak ngerti IT tapi punya modal lumayan, lu bisa nyari freelancer untuk bantu buatin blognya. Alternatif lainnya, lu bisa meluangkan beberapa jam untuk belajar online cara membuat blog. Gampang kok!

Selanjutnya lu buat rencana detailnya, apa yang harus lu lakukan secara berkala, secara konsisten. Buatlah yang simpel, dan yang penting harus masuk akal untuk kondisi lu (ingat langkah 1).

Misalnya, karena lu cuman punya waktu luang sedikit, maksimal lu bisa menghasilkan 1 artikel per hari.

Kira-kira butuh apa lagi ya? Oh iya, lu juga perlu ngeshare artikel lu ke media sosial agar banyak dilihat orang lain.

Ok, misalnya itu saja. Lu tinggal buat to-do list yang harus lu selesaikan secara berkala, per hari, per 3 hari atau per minggu. Usahakan jangan lebih dari 3 buah hal per hari.

Contohnya:
1. Buat artikel
2. Share link via Facebook
3. Share link via Twitter.

Simpel dan jelas. Gampang untuk dikerjakan. Betul kan?

Dan ketika uda berjalan 2 minggu atau 1 bulan, konsistensi lu mulai diuji di sini. Lu bakal merasa bosan dan repot untuk melakukan hal yang monoton tersebut.

Ketika lu mengalami situasi seperti ini, ingatlah kunci utamanya. Apa alasan lu ingin mencapai tujuan tersebut?

Tapi gue mau kasi tips selanjutnya agar sebisa mungkin lu gak perlu mengalami situasi ini. Ini langkah selanjutnya!

4. Bikin Lebih Mudah

Sekarang lu harus buat todo list lu menjadi jauh lebih mudah, sehingga lu ngerjainnya gampang banget.

Misalnya nulis 1 buah artikel per hari, lu ganti jadi minimal 1 buah per 3 hari. Perhatikan kata “minimal” ya. Jadi lu bole nulis lebih banyak dari itu, tapi kalo lu cuma nulis 1 buah dalam 3 hari, lu uda berhasil!

Perasaan berhasil ini yang membuat kita terus konsisten. Lebih baik jalan pelan-pelan kan daripada berhenti di tengah jalan? Setuju?

5. Pantau Berkala

Dalam kehidupan, suatu hal cepat lambat pasti akan mengalami perubahan.

Pantau secara berkala tujuan lu. Ingat kembali mengapa lu ingin mencapai tujuan tesebut.

Pantau progress yang uda lu buat, tinggal berapa jauh lagi menuju tujuan.

Pantau juga kondisi lu, apakah todo list yang lu buat masih terasa berat dan perlu dikurangi. Kurangi saja, asalkan jangan pernah berhenti.

Tapi kemungkinan besar, semakin lama lu bakal merasa todo list yang lu buat itu terlalu ringan. Hehe. Sebaiknya segera diperbesar. Sebelumnya 1 artikel per 3 hari, sekarang lu bisa buat 1 artikel per 2 hari, sampai nanti lu bisa buat lebih dari 1 artikel per hari.

Bisa saja nanti lu uda konsisten buat 1 artikel per hari, lu merasa capek. Tinggal kurangi aja todo listnya, gak masalah kok. Ingat, yang paling penting adalah terus bergerak. Itulah yang bisa membuat lu konsisten.

Dan jika seandainya tujuan lu itu atau alasannya uda gak relevan, ya uda tinggalin aja.

Maksudnya gak relevan gimana ya?

Misalnya tujuan lu mau passive income 3 juta per bulan, dan ternyata lu ketiban rezeki hadiah 1 miliar rupiah. Tinggal lu masukkin ke deposito, uda bisa menghasilkan paling apes 5 juta per bulan. Masi perlu blogging?

~

Jadi itulah 5 langkah yang gue lakukan sebagai cara menjadi konsisten dalam mencapai sebuah tujuan. Silakan dicoba!

Tinggalkan komentar