Mengapa Lebah Punah Tanda Kiamat?

Gue pernah denger ada satu orang terkenal yang ngomong kalau seandainya lebah punah, maka manusia di muka bumi juga akan punah alias kiamat.

Gue masi belom bisa ketemu gimana hubungannya antara lebah punah dan manusia punah. Gue cari-cari deh infonya dengan bantuan Mbah Google. Ternyata menarik juga.

Menurut gue, dampak yang akan timbul karena punahnya lebah itu cukup mengerikan. Tapi apakah dunia bakal kiamat? Nah, lu baca dulu dampak-dampak yang bakal timbul, nanti lu coba pikirkan betulkah dunia bakal kiamat. Terus gue bakal kasi pendapat gue sebagai penutup.

Dampak Lebah Madu Punah

1. Tidak Akan Ada Lagi Madu

Madu merupakan salah satu makanan yang nutrisinya sangat tinggi. Dan katanya gak bisa basi loh.

Ada yang menemukan madu di dalam piramid yang umurnya uda ribuan taon, dan masih bisa dimakan. Dan ternyata madu itu dipakai juga untuk mengawetkan mayat.

Selain rasanya manis dan enak, madu juga merupakan salah satu jenis antibiotik (obat) untuk mengobati panas dalam, dan bahkan bisa juga dioles untuk kesehatan kulit.

Selain madunya, sarang lebah juga salah satu bahan yang bisa dijadikan lilin. Tapi ya gak gitu banyak sih.

2. Banyak Jenis Sayur dan Buah Akan Hilang

Lebah cari makan di bunga-bunga. Ketika menghisap sarinya, serbuk sari akan menempel pada si lebah, yang kemudian akan dibawa si lebah ke putik. Ini namanya proses penyerbukan. Barulah bisa tumbuh buah, dan dari buah itu ada biji yang kemudian ditanam kembali.

Jika seandainya gak ada lebah, maka gak ada penyerbukan, dan tanaman sayur dan buah tinggal menunggu ajalnya.

Menurut sebuah laporan dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), 70% dari spesis tanaman yang memasok 90% makanan di dunia ini, semuanya membutuhkan bantuan lebah untuk proses penyerbukan.

Jadi kalo ga ada lebah, pasokan makanan di dunia hilang sekitar 63%. Waduh! Zombie apocalypse kah? haha.

3. Tidak Akan Ada Lagi Kapas

Gak ada kapas, emang bahaya?

Tau gak kalau kapas itu yang nantinya dijadikan benang, yang nanti ditenun jadi kain dan kemudian jadi pakaian.

Memang ada alternatif misalnya dari ulat sutra ataupun kulit hewan, tapi kan mahal dan jumlahnya terbatas.

Bayangin gimana seandainya manusia kekurangan bahan pakaian?

Lu yang punya otak ngeres pasti seneng kan?

4. Produk Susu Hewani Makin Sedikit

Produk susu misalnya susu itu sendiri, keju, dan mentega.

Sapi perah membutuhkan makanan sekitar 50 kg setiap hari. Rata-rata makanan si sapi ini seperti alfalfa hay membutuhkan bantuan si lebah untuk penyerbukan. Berarti jika gak ada lebah, sapi kurang makanan, jumlah sapi menurun, dan jumlah produk susu akan menurun drastis.

Apakah Manusia Akan Punah?

Bagaimana menurut lu? Apakah kita akan punah?

Menurut gue kita pasti akan terkena dampaknya, apalagi kalo tiba-tiba madu lebah langsung menghilang begitu saja dari dunia.

Tapi pastinya kan seandainya madu lebah akan punah, terjadinya perlahan-lahan kan?

Apakah kita akan punah? Gue rasa ngak!

Manusia itu paling jago beradaptasi. Mungkin populasi kita akan menurun drastis, akan terjadi hal-hal yang serem di muka bumi. Tapi perlahan-lahan kita akan mulai beradaptasi dan kembali seperti semula.

Tulis di bagian komentar bagaimana menurut lu.

Tinggalkan komentar