Death Camas, Bunga Cantik Nan Mematikan

Hati-hati jika teman-teman sekalian bertualan di dunia luar sana. Ketika menemukan bunga-bunga yang indah, jangan langsung disentuh atau dicium, apalagi dimakan.

Salah satu jenis bunga Lili yang disebut Death Camas adalah tanaman yang sangat beracun. Tanaman dengan nama Latin Toxicoscordion venenosum ini untungnya tidak ditemukan di Indonesia karena merupakan tanaman yang berada di bagian utara benua Amerika.

Tanaman ini bisa tumbuh hingga mencapai ketinggian 70 cm dengan daun seperti rerumputan biasanya. Mahkota bunganya ada 6 helai berwarna putih krim, dan terlihat sangat indah.

Walaupun bunganya terlihat indah, namun seluruh bagian dari tanaman ini sangatlah beracun. Tanaman ini beracun bagi manusia dan juga bagi hewan.

Racun-racun yang terdapat dalam tanaman ini terdiri dari alkaloid, zygacine dan zygadenine. Jika kita mengonsumsi tanaman ini sebanyak 2-6% dari bobot tubuh, racun yang dikandungnya akan berakibat fatal. Misalkan hewan ternak dengan bobot 100 kg, jika melahap tanaman ini sebanyak 2-6 kg, bisa menyebabkan kematian.

Jika semua bagian dari tanaman ini beracun, lantas bagaimana cara mereka berkembang biak?

Ternyata ada satu jenis lebah yang tahan terhadap racun-racun yang dikandungnya. Lebah ini memiliki nama Latin Andrena astragali. Lebah ini juga disebut death camas miner bee. Begini penampakannya.

Nah, teman-teman silakan perhatikan fotonya baik-baik ya. Manatau tumbuhan ini sudah menyebar ke Indonesia. Jangan sampai kita menyentuhnya.

Tinggalkan komentar