Fakta Unik Tentang Tubuh Manusia

Baru-baru ini saya mencari-cari informasi tentang bagaimana cara menambah tinggi badan untuk orang dewasa. Dalam proses pencarian, saya malah menemukan banyak sekali fakta-fakta unik tentang tubuh kita. Karena cukup unik, dan jarang diketahui orang, maka saya membuat kompilasi fakta-fakta tersebut untuk artikel ini.

Langsung aja ya, yuk kita simak!

1. Badan Kita Lebih Tinggi Ketika Bangun Tidur

Kita mulai dengan fakta ini dulu deh, soalnya informasi ini yang menyebabkan saya membuat artikel ini.

Ketika kita tidur, kita dalam posisi terlentang, sehingga tulang-tulang rawan yang membentuk tubuh kita tidak melawan gaya gravitasi. Hal ini menyebabkan tubuh kita menjadi lebih tinggi sekitar 1 cm.

Setelah kita bangun dan beraktivitas seperti biasanya, tulang rawan akan tertarik oleh gaya gravitasi, menjadi lebih pipih dan kita menjadi lebih pendek deh!

2. Detak Jantung Dalam Sehari Mencapai 100 Ribu Kali

Rata-rata detak jantung manusia adalah sekitar 60 – 100 kali per menit, yang artinya dalam sehari jantung kita berdetak sekitar 86.400 – 144.000 kali.

Dalam sehari jantung kita mampu memompa lebih dari 7.000 liter darah. Kalau dibandingkan dengan botol air mineral yang besar (1,5 liter), berarti ada sebanyak lebih dari 4.667 botol darah yang dipompa jantung kita dalam sehari.

Betapa kerasnya kerja jantung kita yah! Makanya, sayangi jantung kita. Hindari makanan yang tinggi kolesterol agar kerja jantung lebih ringan.

Baca juga Benarkah Santan Menyebabkan Kolesterol?

3. Organ Tubuh Yang Paling Sering Dilalui Darah

Walaupun jantung kita bisa memompa hingga 7.000-an liter darah per hari, namun bukan jantung yang paling sering dilalui oleh darah.

Ginjal kita adalah orang yang paling sering dilalui darah, karena ginjal adalah organ yang berfungsi untuk menyaring darah kita. Tanpa ginjal, darah yang ada dalam tubuh kita ini ibaratnya tidak layak pakai.

Itulah sebabnya harga ginjal mahal cuy!

4. Pembuluh Darah Yang Sangat Panjang

Jika disambungkan seluruh pembuluh darah yang ada di dalam tubuh kita, ukurannya itu sangat panjang sekali.

Memangnya bisa sampai berapa meter sih?

Pembuluh darah manusia sangat banyak dan tipis. Jika seandainya bisa disambungkan semuanya menjadi satu untai, maka panjangnya bisa mencapai sekitar 100.000 kilometer. Iya, dalam kilometer, cukup untuk mengelilingi Bumi kita.

5. Indera Perasa Bukan Hanya Pada Lidah

Orang dewasa memiliki sekitar 2-4 ribu organ perasa, dan organ perasa ini bukan hanya berada pada lidah, tetapi juga ada di pangkal tenggorokan, hidung, dan kerongkongan.

Itulah sebabnya ketika kita pilek, walaupun kita bisa merasakan manis, asin, asam, pahit, tapi ada rasa yang hilang. Makan nasi padang tidak selezat biasanya. Hihi.

6. Jumlah Otot Manusia Ada Ratusan

Jumlah otot yang ada di dalam tubuh kita ada sekitar 600, dan di muka kita sendiri ada 42 buah otot.

Jika diukur berdasarkan kemampuan berbanding ukurannya, maka otot yang ada pada rahang kita dianggap sebagai otot yang paling kuat. Otot ini disebut masseter. Sedangkan otot yang paling lemah terletak di bagian tengah telinga kita, disebut sebagai otot stapedius.

7. Jumlah Tulang Paling Banyak Ada Pada Pergelangan Kaki

Sekitar seperempat dari total tulang yang ada pada tubuh manusia berada pada pergelangan kaki ke bawah.

Tulang yang paling panjang dan kuat adalah tulang paha kita, sedangkan yang paling kecil dan lemah adalah tulang pada telinga.

Memang telinga kita ini lemah banget ya! Makanya jadi sasaran dijewer.

Fakta unik lainnya tentang tulang adalah kita dilahirkan dengan jumlah tulang yang lebih banyak, yaitu sekitar 300 buah. Ketika kita bertumbuh, beberapa tulang ini bersatu. Ketika kita dewasa, jumlah tulang menjadi sekitar 200 buah.

8. Pertumbuhan Kuku Jari

Kuku jari tangan kita lebih cepat tumbuh daripada kuku jari kaki, makanya kita lebih sering potong kuku jari tangan ya.

9. Kulit Tubuh Kita Terus Beregenerasi

Kulit yang ada di tubuh kita saat ini berbeda dari kulit yang ada 28 hari yang lalu. Itulah waktu yang dibutuhkan kulit kita untuk beregenerasi.

Kulit yang juga merupakan organ tubuh, adalah bagian yang paling penting untuk melindungi tubuh dari serangan bakteri. Dipercaya ada sekitar 1.000 jenis bakteri sedang nongkrong di kulit kita loh!

10. Beberapa Dari Kita Mimpi Dalam Hitam Putih

Sekitar 12% manusia, mereka bermimpi dalam warna hitam dan putih, walaupun mereka sebenarnya tidak buta warna.

Yang uniknya lagi, ketika televisi berwarna belum ditemukan, statistik menunjukkan lebih banyak manusia (sekitar 15%) yang bermimpi dalam hitam putih.

Bagaimana dengan mereka yang buta warna ya??

11. Ingatan Lama Lebih Sulit Kita Lupakan

Otak kita sulit untuk menghapus kenangan lama (apalagi kenangan bersama mantan, hihi).

Inilah sebabnya otak lebih sulit untuk menyimpan informasi yang baru. Jangan-jangan, mereka yang berumur sulit mengingat bukan karena kemampuan otak melemah ya, tapi kapasitasnya semakin banyak.

12. Konsumsi Darah Dan Oksigen Dari Otak

Walaupun bobot otak hanya sekitar 2% dari tubuh kita, otak kita menggunakan sekitar 20% dari oksigen dan darah tubuh kita.

Makanya ketika kita lagi kurang darah, kepala kita pusing duluan baru badan kita melemah.

13. Jumlah Air Dalam Tubuh

Tubuh kita sangat kompleks, terdiri dari banyak sekali pembuluh darah, otot, tulang dan organ-organ lainnya.

Tapi jika kita mati dan tubuh kita kering total, bobot tubuh kita tersisa 40%. Hal ini disebabkan 60% tubuh kita adalah cairan.

14. Produksi Ludah Dalam Sehari

Rata-rata dalam sehari mulut kita bisa menghasilkan sekitar 1 liter ludah.

Kalau dikumpulkan dalam setahun, cukup untuk mengisi bak mandi kamu. Hiiiii….

15. Kemungkinan Besar Kamu Mirip Ayah Kamu

Nah, ini menurut hasil penelitian ya. Setelah meneliti sperma dan sel telur, para peneliti menyatakan bahwa lebih besar kemungkinannya kita mengikuti gen ayah kita.

Fenomena ini dinamakan ekspresi gen.

~

Nah, menurut kamu apa yang paling unik di antara fakta-fakta di atas?

Atau jika ada fakta lainnya yang belum dimasukkan, silakan info melalui kolom komentar di bawah ya.

Tinggalkan komentar