Fakta Tentang Gigi Ikan Hiu

Ikan hiu dikenal sebagai salah satu predator yang paling sadis dalam air. Walaupun bagi para ahli hiu, menurut mereka sebenarnya hiu itu gak sesadis yang seperti ada di dalam film. Bahkan manusia lebih sadis lagi terhadap hiu.

Di artikel berikutnya kita akan bahas ya tentang “kesadisan” sang hiu. Hehe. Untuk kali ini, kita mau bahas tentang giginya saja, karena cukup banyak fakta unik tentang gigi ikan hiu.

Yuk kita mulai!

Jumlah Gigi

Seekor hiu katanya bisa menumbuhkan sebanyak 30-50 ribu gigi sepanjang hidupnya. Wow!

Jika rahang manusia bisa menampung satu baris gigi, rahang hiu bisa menampung 5-15 baris gigi tergantung jenis hiunya. Untuk setiap barisnya biasanya berkisar 15-25 buah gigi.

Hiu banteng diketahui memiliki 7 baris gigi, namun cukup unik setiap baris bisa mencapai 50 buah gigi. Jadi totalnya sekitar 350 buah gigi. Serem kan?!

Tapi bagaimana sepanjang hidupnya hiu bisa menumbuhkan sampai puluhan ribu gigi?

Gonta Ganti Gigi

Barisan gigi paling luar adalah gigi yang utama digunakan hiu untuk menggigit dan mengoyak daging korbannya.

Apakah gigi yang ada pada barisan kedua, ketiga dan seterusnya gak guna?

Bukan gak guna ya, tapi belum berguna, sampai saatnya gigi barisan paling luarnya habis. Pada saat itu, barisan gigi yang dalam akan menggantikan yang paling luar.

Gigi hiu sangat tajam dan rahangnya memiliki kekuatan yang sangat kuat, namun sayangnya giginya gampang copot. Haha. Makanya tak jarang ketika sedang makan, beberapa giginya copot.

Tidak hanya itu, jikapun mereka puasa gak makan, setiap beberapa minggu sekali gigi paling luar akan lepas dengan sendirinya.

Inilah sebabnya gigi hiu selalu tajam, karena… ya gigi-giginya baru semua. Hehe.

Sakit Gigi

Nah, yang menjadi sebuah pertanyaan menarik adalah apakah hiu bisa sakit gigi?

Ketika giginya patah saat makan atau menggigit benda keras, apakah hiu merasakan sakit?

Gigi ikan hiu memiliki tingkat fleksibilitas yang lumayan, sekitar 15º, dan dipercaya hiu bisa “merasakan” ketika giginya bengkok.

Namun apakah yang dirasakan itu sebuah sakit atau hanya seperti sensasi kita menyentuh sesuatu, ini belum bisa diketahui dengan jelas. Sampai sekarang, penelitian menganggap jika pun ada rasa sakit, hanya rasa sakit yang sangat kecil. Mungkin seperti dicubit ya.

Sampah Gigi

Diestimasikan ada triliunan gigi ikan hiu yang ada di dasar laut. Hal ini sangat membantu para peneliti yang mempelajari beragam spesis hiu.

Gigi hiu sangat keras, terbentuk dari bahan yang disebut dentin, bahan yang sama yang ada pada gading gajah. Setelah itu, gigi hiu bahkan dilapisi oleh bahan yang lebih keras yang membuat gigi hiu sangat sulit untuk terurai.

Dan lagi, sedimen yang ada di dasar laut akan membuat gigi ikan hiu duluan menjadi fosil sebelum terurai.

Itulah sebabnya sangat banyak fosil gigi ikan hiu dari jaman dulu kala.

Dengan begitu banyaknya sampah gigi ikan hiu, jangan ketipu ya jika ada yang jualan gigi ikan hiu dengan harga yang super mahal. Hehe.

Tinggalkan komentar