Gunakan Prinsip Premack Untuk Meningkatkan Produktivitas

Pada umumnya kita sebagai manusia pasti ingin menjadi individu yang produktif.

Ya… mungkin ada beberapa orang yang gak setuju dengan pernyataan yang baru saya sebutkan, mungkin mereka memilih untuk menikmati hidup, atau biarkan mengalir mengikuti arus.

Kalau begitu saya ganti sedikit pernyataannya…

Pada umumnya, orang-orang yang mengejar kesuksesan pasti ingin menjadi individu yang produktif.

Ok sekarang pasti semuanya setuju.

Hanya saja, masih banyak dari kita, termasuk saya sendiri, memiliki musuh terbesar untuk menjadi produktif, yaitu kemalasan.

Kita sadar bahwa saat ini kita harus rutin olahraga, lebih sering membaca buku atau berbincang dengan orang-orang sukses lainnya. Namun, kita masih memilih untuk nonton Netflix, walaupun kita sadar hal tersebut sangat kontra produktif.

Karena itu, kali ini kita akan membahas sebuah prinsip yang dinamakan Premack Principle.

Premack’s Principle

Prinsip ini dibuat oleh David Premack setelah dia melakukan riset terhadap monyet-monyet Cebus.

Bukan berarti kita disamakan dengan monyet ya. Hehe. Tapi biasanya penelitian atau riset itu menggunakan makhluk hidup lainnya yang memiliki genetik yang sama, dan itupun sesuai konteks penelitian. Terkadang penelitian menggunakan tikus, kelinci ataupun hewan lainnya.

Saya tidak akan membahas penelitian ini secara mendetail. Saya akan membahas poin pentingnya dan bagaimana cara kita memanfaatkannya untuk diri kita.

Prinsip Premack menyatakan bahwa perilaku yang suka kita lakukan akan mendukung kita untuk melakukan perilaku yang kita tidak sukai.

Bisa juga berarti hal-hal yang kita sukai akan membantu diri kita untuk melakukan hal-hal yang tidak kita sukai (walaupun hal tersebut yang benar-benar kita butuhkan).

Contohnya… saya seharusnya menyicil pekerjaan dari klien selama setidaknya 2 jam per hari atau akan beresiko tidak selesai tepat waktu dan saya dikenakan denda. Lalu, saya suka minum kopi hitam pahit.

Cara saya menggunakan prinsip Premack adalah sebagai berikut…

Setelah saya berhasil fokus mengerjakan pekerjaan klien selama 15 menit, saya akan rileks sejenak sambil menyeruput kopi saya 2-3 kali.

Ketika kita tau bahwa akan ada hadiah yang menunggu kita setelah melakukan suatu hal, kita akan termotivasi untuk melakukannya.

Prinsip Premack ini juga sering disebut sebagai prinsip nenek (Grandma’s Rule). Karena biasanya para nenek suka menggunakan cara ini untuk “menipu” cucunya untuk melakukan sesuatu. “Setelah kamu makan wortel ini, kamu boleh makan sepotong coklat.”

Kamu yang waktu kecil disuapi oleh nenek, masih ingatkah menjadi korban dari cara ini? Hihi.

Tinggalkan komentar