Hal-Hal Yang Dilakukan Orang Sukses Sebelum Tidur

Banyak orang sukses yang bangun lebih awal karena mereka merasa paling produktif di pagi hari. Tetapi ternyata ada juga beberapa orang sukses yang senang bekerja atau melakukan aktifitas lainnya di malam hari, di saat orang-orang sudah tidur.

Tulisan kali ini berisi beberapa contoh orang sukses dan apa yang mereka lakukan sebelum tidur. Semoga kita dapat terinspirasi oleh mereka.

1. Barack Obama

Barack Obama, presiden Amerika Serikat ke-44, adalah orang yang suka bekerja di malam hari. Dia mengatakan bahwa di dapat melakukan diskusi dengan staf seniornya sampai pukul 11 malam. Dia juga membaca buku atau menulis sebelum tidur.

“Saya menikmati makan malam dengan keluarga, bermain dengan anak-anak dan kemudian menidurkan mereka sekitar pukul 8.30 malam. Kemudian saya akan membaca makalah-makalah atau menyelesaikan pekerjaan saya atau menulis sesuatu sampai kira-kira pukul 11.30. Kemudian saya biasanya membaca buku selama setengah jam dan kemudian pergi tidur… sekitar tengah malam, 12:30 – atau sedikit lebih telat.”

2. Benjamin Franklin

Dalam autobiografinya, Franklin mengatakan dia selalu menyisihkan waktu sebelum tidur untuk menjawab pertanyaan yang diberikan kepada dirinya sendiri. Pertanyaan ini adalah “Apa hal baik yang telah saya lakukan hari ini?”. Bagi dia, pertanyaan ini akan membawanya ke arah “moral yang sempurna”.

Ritual-ritual lainnya yang dia lakukan sebelum tidur termasuk merapihkan barang-barang, makan malam, mendengarkan musik atau hiburan atau melakukan percakapan dan pemeriksaan harian.

Franklin memeriksa kemajuan dirinya sendiri setiap hari.

3. Sheryl Sandberg

Sheryl Sandberg adalah COO dari sebuah perusahaan Internet yang dikenal dengan nama Facebook. Walaupun dia bekerja untuk perusahaan teknologi, dia tahu kapan waktunya dia memisahkan diri terhadap teknologi.

Sheryl mematikan telepon genggamnya di malam hari. Dia mengatakan, “Saya memeriksa email saya pertama kali di pagi hari, dan terakhir kali di malam hari”.

4. Winston Churchill

Perdana mentri Inggris mempunyai satu rutinitas yang dilakukannya setiap hari, apapun yang terjadi.

Setiap pukul 5 sore, dia akan minum segelas whisky ringan dan soda sebelum tidur selama 1,5 jam. Churchill mengatakan tidur pendek ini dapat membuat dia bekerja selama 1,5 hari selama 24 jam. Setelah bangun, dia akan mandi dan kemudian makan malam.

Pada pukul 8 malam, Churchill menyantap makan malamnya yang dilanjuti dengan minum dan rokok sampai tengah malam.

Karena jadwal tidurnya yang tidak normal, Churchill pernah melakukan pertemuan ketika sedang mandi.

5. Stephen King

Pengarang buku yang satu ini memiliki rutinitas yang cukup aneh. Dia harus mencuci tangannya sebelum tidur dan menyusun bantalnya. Bagian sarung bantal yang terbuka harus mengarah ke arah tertentu. Bahkan dia sendiri tidak mengerti kenapa.

6. Michael Lewis

Penulis satu ini suka menulis pada pukul 7 malam sampai pukul 4 subuh. Dia suka mendahului orang lain, oleh karena itu dia memiliki kebiasaan melakukan pekerjaan esok hari malam ini juga. Dia bekerja di malam hari juga karena tidak akan ada gangguan, bunyi telepon misalnya.

7. Keval Desai

Bekas product manager Google ini memiliki kebiasaan tetap terjaga di malam hari. Dia suka memilih satu project setiap malam dan menyelesaikannya sebelum tidur.

“Hari saya dipenuhi dengan pertemuan-pertemuan dengan para pengusaha, and waktu dimana saya bisa sendirian melakukan pekerjaan yang memerlukan konsentrasi adalah ketika seluruh anggota di rumah telah tidur.”

8. Kate White

Kate White adalah seorang editor majalah yang pernah bekerja untuk Cosmo. Dia juga menulis fiksi yang senang dia lakukan di pagi hari. Di malam hari, dia akan melakukan pekerjaan editing dan blogging.

Kebiasaan unik yang dia punya adalah bekerja ketika sedang berdiri. Bagi dia, bekerja ketika duduk akan membuat dia ngantuk. Dia juga suka bekerja di dalam dapur, menyalakan TV agar tidak terasa sepi, dan meminum beberapa cangkir espresso di malam hari.

9. Joel Gascoigne

Joel adalah CEO dari perusahaan teknologi bernama Buffer. Dia memiliki kebiasaan jalan-jalan selama 20 menit sebelum tidur. Dia melakukan kebiasaan ini untuk melupakan hal-hal mengenai pekerjaannya sebelum tidur.

Sembari jalan-jalan, Joe akan mengevaluasi pekerjaan hari ini, memikirkan tantangan-tantangan berikutnya, dan lama kelamaan dia akan melupakan pekerjaannya karena sudah letih.

10. Kenneth Chenault

Kenneth Chenault adalah CEO perusahaan American Express. Kebiasaan yang dia lakukan adalah menulis tiga hal yang dia ingin capai untuk besok hari. Kebiasaan ini membantunya untuk memprioritaskan tugas-tugasnya besok pagi.

Nah, inilah kebiasaan-kebiasaan orang sukses. Ada beberapa kebiasaan baik yang boleh kita coba terapkan, ada juga yang unik yang cukup diketahui saja.

Semoga bermanfaat!

Tinggalkan komentar