Hal Yang Saya Lakukan Ketika Gak Ada Kerjaan

Judulnya ini sebenarnya adalah sebuah kondisi yang hampir tidak pernah terjadi dalam hidup saya saat ini. Hehe.

Namun… jika seandainya saya mendapatkan kesempatan ini, atau saya sengaja menciptakan kondisi ini, ada hal-hal yang akan saya lakukan. Saya akan menceritakannya dalam artikel ini.

Diam Sejenak

Saya akan diam sejenak, paling beberapa menit.

Kemudian saya akan fokus pada satu hal, bisa itu sebuah benda mati ataupun bagian dari tubuh saya sendiri. Misalnya saya akan melihat jam tangan saya, mengapresiasi jam tangan tersebut, walaupun sebenarnya bukan jam mewah. Menurut saya ini adalah sebuah kegiatan yang sangat baik untuk melatih fokus dan kesadaran kita.

Bersih-bersih

Selanjutnya yang biasanya saya akan lakukan adalah mengumpulkan sampah-sampah atau benda-benda yang sudah tidak terpakai, lalu dibuang.

Tujuannya adalah agar hidup kita menjadi lebih berarti. Maksudnya gimana ya?

Dengan membuang semua benda-benda yang tidak diperlukan dalam hidup kita, berarti kita telah mengurangi beban dalam hidup, dan kita juga memiliki tambahan ruangan untuk hal-hal baru yang ingin kita miliki.

Ibaratnya, kita mengosongkan cangkir minum kita yang berisi air yang sudah kotor. Kita bersihkan, dan cangkir tersebut bisa dipakai kembali untuk diisi air minum yang baru, boleh juga teh atau kopi.

Tinjau Ulang Prioritas Hidup

Setelah diam sejenak dan bersih-bersih, saya akan merasa jauh lebih segar. Inilah saat yang paling tepat untuk meninjau ulang tujuan hidup kita.

Terkadang ada hal-hal yang ingin kita lakukan yang sebenarnya tidak selaras dengan tujuan hidup. Buang saja!

Lalu ada hal-hal yang sudah lama saya tunda, padahal itu adalah hal yang sangat penting. Saya segera pastikan hal ini menjadi hal pertama yang akan saya kerjakan berikutnya.

~

Berhenti bukan berarti kita malas. Berhenti sejenak diperlukan agar kita bisa kembali ke arah yang benar.

Semoga bermanfaat.

Leave a Comment