Mengapa Kehujanan Bisa Menyebabkan Sakit?

Ketika masih kecil, kita sering kali diingatkan orang tua untuk tidak hujan-hujanan agar tidak sakit. Tetapi sebagian besar dari kita, termasuk saya sendiri, tidak pernah dijelaskan mengapa demikian. Benar kan? Karena itu, dalam tulisan kali ini akan dijelaskan alasan mengapa hujan dapat menyebabkan kita menjadi sakit.

Gas-gas Dan Senyawa

Hujan yang baru saja turun, termasuk rintik-rintik, mengandung gas-gas dan senyawa yang ada di udara. Karena berada di udara, gas-gas dan senyawa ini bersifat asam. Air hujan kemudian dapat masuk melalui mulut atau mata, gas-gas juga ikut terhirup ketika kita bernafas.

Jika pH tubuh menurun sedikit saja (lebih asam), ini sudah menunjukkan keadaan sakit. Maka kita disarankan untuk segera membilas rambut yang terkena air hujan yang mengandung gas-gas dan senyawa yang bersifat asam tersebut.

Cuaca Dingin

Setiap saat tubuh kita diserang oleh virus-virus dan kuman-kuman jahat yang berada disekitar kita. Hujan menjadikan cuaca menjadi dingin, dan otomatis suhu tubuh kita menjadi lebih dingin. Ketika suhu tubuh menurun, sistem kekebalan juga ikut menurun.

Suhu tubuh turun 1 derajat Celcius saja mengakibatkan sistem kekebalan turun 30%. Dengan tubuh yang dingin, kita menjadi lebih rentan sakit. Oleh karena itu, ketika kehujanan, kita harus segera mengganti baju yang basah atau mandi air hangat.

Nah.. sudah tahu kan mengapa kehujanan dapat menyebabkan kita sakit. Jadi, sekarang kita juga harus bisa menjelaskannya ketika mengingatkan orang lain. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan komentar