Iklan Di Lapangan Sepak Bola Ternyata Bisa Begini!

Beberapa bulan yang lalu ada sebuah berita yang cukup viral. Salah satu klub sepak bola di Liga Utama Inggris menampilkan iklan yang berisi ucapan selamat hari ulang tahun untuk Republik Indonesia.

Ketika pertandingan antara klub Tottenham Hotspur dan Manchester City di tanggal 15 Agustus 2021, para penonton bisa melihat iklan perusahaan asuransi AIA yang mengucapkan Dirgahayu Indonesia 76.

Hal ini juga pernah terjadi sebelumnya ketika pertandingan antara Tottenham Hotspur dan Aston Villa di tanggal 17 Agustus 2019.

Terus, itu uda berita lama, kenapa kita bahas sekarang?

Karena saya baru tahu sesuatu yang unik tentang iklan yang sering tampil dalam pertandingan sepak bola yang sering kita tonton di TV. Ternyata iklan-iklan yang ditampilkan itu berbeda-beda tergantung ditayangkan di negara mana, dan terkadang bisa berbeda tergantung dari stasiun yang menayangkannya.

Itulah mengapa stasiun TV rela mengeluarkan ratusan miliaran rupiah untuk mendapatkan kontrak menayangkan pertandingan liga besar. Ternyata bisa diganti iklannya.

Silakan dilihat video perbandingannya di sini.

Virtual Replacement Perimeter Overlay

Nama teknologi yang digunakan adalah Virtual Replacement Perimeter Overlay. Inovasi teknologi ini berasal dari dua buah perusahaan yang bernama Adi dan Supponor.

Teknologi ini adalah kombinasi dari papan LED dari Adi, yang kemudian tampilannya diubah dengan teknologi Supponor untuk mengubah tampilan secara virtual. Dengan teknologi seperti, tampilannya menjadi sangat nyata dan sulit dibedakan dari yang nyata.

Teknologi seperti ini sudah dipakai oleh beberapa klub di beberapa liga besar di Inggris dan Spanyol.

Inilah salah satu teknologi yang bisa membantu klub sepak bola mendapatkan penghasilan yang lebih tinggi, sehingga bisa membeli pemain-pemain yang sangat mahal.

Baca juga Dari Mana Saja Pendapatan Klub Sepak Bola?

Tinggalkan komentar