Ini Dia Penyebab Makanan Basi

Kita tau kalau makanan basi itu ciri-cirinya terasa asam dan memiliki bau “asam” yang tak sedap.

Mengonsumsi makanan basi bisa membuat kita keracunan dan mempengaruhi kesehatan tubuh. Lagipula, kita juga gak akan sanggup makan makanan yang sudah basi bukan?

Sebenarnya, apa sih yang menyebabkan makanan basi? Dan mengapa makanan basi bisa menghasilkan rasa dan aroma yang kurang sedap? Ini yang akan kita bahas.

Penyebab Basi

Penyebab makanan menjadi basi adalah karena munculnya jamur dan bakteri yang kemudian berkembang biak menjadi banyak dan merusak makanan yang dihinggapi.

Sekarang kita lanjut lagi pertanyaannya, darimana sih datangnya jamur dan bakteri tersebut? Padahal makanan tersebut sudah kita masak kan?

Nah sebenarnya, pada makanan kita selalu ada mikroorganisme tersebut. Sebagian dari mereka ada yang sebenarnya baik untuk tubuh kita, sebagian lagi bisa menyebabkan kerusakan makanan.

Terkadang makanan kita masih kurang dimasak sehingga masih ada bakteri yang hidup. Bisa juga bakteri yang asalnya bukan dari makanan, tapi bisa dari piring ataupun udara. Bisa dari mana saja!

Panas Dan Lembab

Bakteri atau jamur menyukai kondisi yang hangat dan lembab. Mereka berkembang biak lebih cepat pada kondisi seperti ini, sehingga makanan lebih cepat basi.

Makanya sering kita temui makanan berkuah itu lebih cepat basi. Ditambah lagi jika makanan terpapar sinar matahari, sehingga suhunya tetap hangat.

Menyimpan makanan yang masih panas ke dalam kulkas juga akan mempercepat makanan itu basi. Ya benar, walaupun disimpan dalam kulkas, makanan masih bisa rusak ya.

Uap panas dari makanan akan berubah menjadi embun yang kemudian menetes di atas makanan, membentuk sebuah lapisan yang lembab. Itulah sebabnya mengapa kita sering mendengar anjuran jangan memasukkan makanan panas ke dalam kulkas.

Dari sini kita bisa mengambil kesimpulan juga bahwa kita bisa memperlambat kerusakan makanan jika kita bisa membuat makanan tersebut kering dan bersuhu rendah. Dan sekarang kita uda tau ya mengapa biskuit ataupun snack kering lainnya itu gak gampang rusak.

Apalagi jika makanan tersebut disimpan dalam wadah yang sudah divacuum, tidak terpapar udara dan benda asing dari lingkungan di luarnya. Inilah cara paling tepat untuk mencegah makanan cepat rusak atau basi.

Leave a Comment