Ini Dia Quantum Processor

Baru-baru ini kita mendapatkan kabar super gembira. Hmm.. mungkin hanya untuk kita kalangan IT ya… Hehe.

Kabar apa gerangan?

Para peneliti di Toronto berhasil melakukan tes terhadap sebuah chip komputer dengan teknologi baru yang disebut photonic quantum (saya sendiri tidak tau mau diterjemahkan sebagai apa). Dalam tes ini mereka berhasil menyelesaikan sebuah sampling problem yang membutuhkan waktu 9.000-an tahun jika diselesaikan dengan supercomputer yang ada saat ini.

Berapa waktu yang dibutuhkan Borealis quantum chip ini untuk menyelesaikan problem tersebut?

36 microdetik atau 0.036 milidetik atau 0.000036 detik.

Gila kan?! kan!

Jika kita membandingkan teknologi yang berhasil membawa para astronot ke bulan pertama kali dengan HP yang kita pegang sehari-hari saja, terkadang kita merasa perkembangan teknologi sudah sangat luar biasa. Bagaimana dengan yang satu ini ya? Dari 9.000-an tahun menjadi 36 mikrodetik.

Chip Borealis ini menggunakan teknologi semburan cahaya untuk mengirimkan informasi quantum. Dengan teknologi ini, perhitungan yang biasanya hanya dua unit (0 dan 1) di chip tradisional, meningkat menjadi 3 unit (0, 1 dan keduanya). Perhitungan 3 unit ini disebut quantum bit, atau disingkat menjadi qubit.

Memang berita ini sangat menggembirakan, namun masih membutuhkan waktu lagi untuk bisa digunakan. Pemerintah Inggris juga baru saja membeli satu unit chip ini untuk dilakukan tes.

Leave a Comment