Ini Hal Terpenting Ketika Mempelajari Sesuatu

Sebelumnya kita sudah pernah membahas tentang Efek Lindy yang sangat berguna ketika kita hendak belajar sesuatu.

Kali ini kita akan membahas hal lain yang bahkan menurut saya jauh lebih penting, mungkin yang terpenting, yang perlu kita mengerti agar kita bisa sukses mempelajari suatu hal atau bidang. Apa itu?

Pelajari dan mengerti prinsip dasarnya!

Hmm.. maksudnya gimana ya?

Zaman sekarang, semuanya serba instan. Bukan mie doank yang bisa instan, banyak hal lainnya juga menjadi lebih instan. Salah satu contohnya, sekarang sangat amat mudah bagi anak-anak sekolah untuk mencari jawaban atas pertanyaan yang dia dapatkan dari gurunya. Tinggal tanya Mbah Google saja.

Setiap hal di dunia ini ada baik dan ada buruknya. Untuk kasus-kasus tertentu, sesuatu yang instan akan menghemat waktu kita. Untuk kasus-kasus tertentu lainnya, misalnya dalam hal belajar, sesuatu yang instan bisa merugikan kita. Kenapa?

Misalnya dalam mempelajari ilmu Fisika, kita sering menghapal banyak sekali rumus. Rumus dibuat agar perhitungan-perhitungan yang rumit bisa dijadikan menjadi satu perhitungan yang lebih sederhana. Hanya saja, yang sering terjadi adalah pengertian kita menjadi berkurang, kita tidak mengerti apa prinsip-prinsip yang mendasari rumus tersebut.

Banyak anak sekolah bisa dengan gampang menghitung berapa besar energi yang dibutuhkan untuk memindahkan sebuah benda dengan berat tertentu, di atas bidang tertentu, dan mau seberapa jauh dipindahkan. Namun, kenapa masih banyak yang tertipu oleh video-video yang memperlihatkan sebuah mesin yang bisa berjalan sendiri tanpa sumber energi?

Memang untuk mempelajari satu topik secara mendalam, dibutuhkan waktu lebih lama. Namun setelah kita mengerti prinsip-prinsip dasar yang berlaku, kita bisa mempelajari bagian-bagian kulitnya dengan sangat gampang dan cepat.

Jika kita mengerti prinsip dasar energi yaitu… energi tidak bisa diciptakan dan dimusnahkan, hanya bisa berubah, maka kita bisa dengan gampangnya mengatakan video di atas itu tidak benar. Pasti ada sesuatu yang disembunyikan dari penonton, seperti magnet yang tersembunyi di bawah.

Dengan mengerti sepenuhnya prinsip-prinsip dasar, ini juga akan sangat membantu kita dalam menciptakan sesuatu. Selama apa yang kita bayangkan itu tidak sesuai dengan prinsip dasar, sudah pasti tidak akan mungkin berhasil diciptakan.

Kecuali… kamu bisa menemukan sebuah prinsip yang baru dan membuktikannya. Dan mungkin saja kamu akan menjadi seorang pemenang penghargaan Nobel. Hehe.

Tinggalkan komentar