Ini Hewan Yang Hidup Di Wajah Kita

Kamu rutin membersihkan wajah setiap hari. Bahkan bagi beberapa dari kita yang benar-benar merawat kulit wajah, mungkin kita membersihkan wajah 2-3 kali dalam sehari.

Tapi apakah kamu tahu kalau di kulit wajah kita itu bersarang hewan sejenis tungau yang sudah ada sejak kita lahir?

Saya perkenalkan kepada teman-teman sekalian..

Demodex

Demodex atau juga disebut sebagai tungau wajah adalah bakteri yang hidup di lapisan kulit pada wajah kita.

Ukuran tungau ini sangat kecil, bahkan lebih kecil daripada bulu halus kita. Namun dia bisa bergerak bebas, dan bahkan sebenarnya kita bisa merasakan gerakannya.

Populasi demodex diperkirakan sebanyak 5 ekor per 1 cm kubik permukaan wajah kita, dan ini tergolong normal. Jika populasinya lebih banyak dari itu, biasanya permukaan kulit tersebut memiliki masalah, misalnya timbul jerawat.

Demodex tinggal di akar folikel rambut halus. Untuk bertahan hidup, mereka mengonsumsi sebum atau minyak pada wajah.

Jika kamu ingin melihat bentuk demodex secara langsung, kamu bisa coba memencet komedo dari hidung kamu dan lihatlah sebum yang keluar menggunakan mikroskop.

Demodex memiliki badan beruas dan jumlah kakinya ada 8 buah, seperti laba-laba, kalajengking dan hewan anthropoda lainnya. Tubuhnya yang kecil berwarna transparan, jadi sangat sulit dilihat secara langsung.

Umur demodex adalah sekitar 2 minggu. Tapi dipelajari bahwa demodex ini tidak akan bisa musnah dari tubuh kita karena berada di bawah permukaan kulit. Manusia juga akan “mewariskan” demodex ke anak-anaknya, jadi jangan harap demodex ini akan musnah dari permukaan bumi ya. Hihi.

Tinggalkan komentar