Ini Penyebab Timbulnya Bau Badan

Kepada teman-teman sekalian yang merupakan keturunan orang Tionghoa, beruntunglah kalian. Mengapa? Karena menurut riset, kemungkinan besar kalian dilahirkan dengan genetik yang membuat kalian terhindar dari bau badan.

Bukankah bau badan itu disebabkan oleh keringat yang berlebihan?

Memang benar, sederhananya keringat kita yang menyebabkan bau badan. Tapi kan gak semua orang berkeringat memiliki bau badan yang tidak mengenakan. Jadi apa sih penyebab utamanya bau badan?

Nah, ini ada hubungannya dengan genetik.

Gen ABCC11 adalah asal muasal timbulnya bau badan. Protein yang diciptakan tubuh berdasarkan gen ABCC11 ini akan terbawa ke dalam keringat yang keluar dari tubuh kita.

Protein ini akan bertemu dengan bakteri yang banyak ditemukan di ketiak atau bagian-bagian lipatan tubuh lainnya. Ketika para bakteri merusak protein ini, dari sanalah timbul aroma yang tidak mengenakan.

Tapi jika yang kita miliki adalah varian gen ABCC11 tertentu, maka tidak ada sama sekali odor atau bau badan yang muncul ketika protein dirusak oleh bakteri. Nah, menurut statistik, sekitar 70% lebih orang dari keturunan Korea dan China memiliki varian gen tersebut.

Ciri-ciri orang yang memiliki varian gen tersebut sudah pasti adalah tidak adanya bau badan walaupun tidak menggunakan deodoran. Ciri lainnya yang tidak disangka-sangka adalah memiliki kotoran telinga yang kering.

Jadi jika kamu memiliki kotoran telinga yang tidak basah, bersyukurlah karena kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk biaya beli deodoran. Hehe.

Tinggalkan komentar