Ini Tingkat Akurasi Perhitungan NASA

Dalam ilmu matematika, terdapat bilangan jenis rasional dan irasional.

Bilangan rasional adalah yang dapat bilangan yang dapat diubah menjadi pecahan biasa dan jika diubah ke desimal maka akan berhenti di suatu bilangan tertentu ataupun akan terbentuk pola pengulangan (tidak acak). Misalnya 1/8 yang desimalnya akan menjadi 0.125, atau juga 1/3 yang desimalny akan menjadi 0,333… dst.

Bilangan irasional adalah kebalikannya, bentuk desimalnya tidak akan pernah berakhir dan tidak pernah berulang. Salah satu bilangan irasional yang paling terkenal adalah phi, atau dalam pecahannya 22/7.

Kamu bisa melihat representasi visual yang indahh dari angka phi di artikel 100 Milyar Angka Bilangan Pi (π) Dalam Satu Gambar

Dalam matematika, kita banyak sekali menggunakan bilangan phi dalam perhitungan, terutama untuk perhitungan yang berhubungan dengan lingkaran atau bola.

Misalnya untuk tim NASA, mereka akan menggunakannya untuk menghitung diameter sebuah planet ataupun galaksi, yang kemudian akan mereka gunakan untuk menghitung waktu tempuh sebuah perjalanan antar planet.

Butterfly Effect

Kita juga sudah pernah membahas tentang butterfly effect. Pada dasarnya, ketika kita melakukan perhitungan yang mensertakan pembulatan desimal, sekecil apapun, akan mempengaruhi hasil akhirnya, dan dalam kasus tertentu hasil akhirnya bisa jauh berbeda.

Oleh karena itu, untuk perhitungan yang cukup besar, kita harus menggunakan banyak angka di belakang desimal agar lebih akurat.

Berapakah jumlah desimal yang diperlukan tim NASA ketika mereka menghitung jarak tempuh perjalanan luar angkasa mereka?

Tingkat Akurasi NASA

Di tahun 2016, salah satu anggota NASA memberikan jawaban untuk pertanyaan ini beserta penjelasannya.

Saya akan mencoba menyingkat jawaban mereka.

Mereka menggunakan bilangan phi dengan tingkat akurasi sebesar 15 digit. Ternyata tidak begitu banyak ya.

Menurut mereka, jika kita menggunakan tingkat akurasi dengan bilangan phi sepanjang 40 digit, kita akan bisa menghitung diameter sebuah galaksi dengan tingkat akurasi ketika kita menghitung atom hidrogen. Waw!

Jika kamu ingin penjelasan selengkapnya, kamu bisa membacanya di sini https://www.jpl.nasa.gov/edu/news/2016/3/16/how-many-decimals-of-pi-do-we-really-need.

Tinggalkan komentar